spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Jabar Siap Gelar Pertandingan Lima Cabang Olahraga Asian Games 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Jawa Barat siap menjadi tuan rumah penyelenggara bagi pelaksanaan pertandingan Asian Games XVIII yang akan digelar pada Agustus 2018 mendatang. Seperti diketahui, Jabar sudah ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan bagi lima cabang olahraga Asian Games XVIII/2018.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Yudha M Saputra menuturkan, berdasarkan rapat terakhir dengan Presiden RI, Joko Widodo, Jabar ditetapkan sebagai tuan rumah pertandingan bagi cabang olahraga sepakbola, balap sepeda MTB, balap sepeda road race, paragliding, dan dayung canoeing slalom.

    “Lima cabang olahraga itu sudah ditetapkan akan digelar di wilayah Jabar pada saat pelaksanaan Asian Games XVIII pada Agustus 2018 mendatang. Tidak ada penambahan cabang olahraga lain,” ujar Yudha saat ditemui di ruang kerjanya, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (8/3/2018).

    Untuk cabang olahraga sepakbola, akan diselenggarakan di empat stadion di wilayah Jabar. Yakni stadion si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, stadion Pakansari Kabupaten Bogor, stadion Patriot Kota Bekasi, dan stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi.

    “Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang awalnya akan digunakan untuk babak final, diputuskan batal digunakan. Ini karena stadion GBLA akan dipakai untuk pertandingan Liga I dan menjadi markas Persib Bandung. Dan untukj laga final cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018 pun akan digelar di stadion Pakansari Kabupaten Bogor,” tambahnya.

    Sedangkan untuk cabang olahraga balap sepeda MTB akan digelar di Kebhun Hill, Kabupaten Subang. Lalu balap sepeda road race di jalan provinsi Subang-Purwakarta sejauh 174 km, cabang olahraga paragliding di Puncak, Kabupaten Bogor, dan dayung canoeing slalom di bendung rentang Majalengka.

    Saat ini, lanjut Yudha, venue yang akan digunakan untuk pertandingan Asian Games XVIII/2018 tersebut sedang dalam proses perbaikan dan renovasi. Proses perbaikan venue tersebut pun, ditargetkan bisa selesai paling lambat pada bukan Juni 2018 mendatang.

    “Untuk anggaran renovasi maupun perbaikan sendiri, menggunakan dana APBN yang berada di Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Jadi tidak ada yang menggunakan dana APBD. Provinsi Jabar sendiri hanya mengeluarkan anggaran untuk pembenahan sarana pendukung di stadion Arcamanik yang akan menjadi tempat latihan bagi tim peserta cabang olahraga sepakbola dan perbaikan jalan Subang-Purwakarta yang menggunakan dana rutin pemeliharaan di Dinmas Bina Marga,” tuturnya.

    Dari lima venue tersebut, Yudha menyebut jika hanya satu venue yang digunakan milik instansi swasta yakni venue balap sepeda MTB di Kebhun Hill, Kabupaten Subang. Untuk itu, pihak pemerintah melalui INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee) melakukan sistem sewa dengan pemilik Kebhun Hill dan proses pembenahan maupun renovasi dilakukan pihak pemilik.

    “Kalau untuk jalan akses menuju Kebhun Hill dari jalan utama Subang-Bandung sekitar lima kilometer akan diperbaiki oleh dana dari Pemkab Subang dibantu Pemprov Jabar pada satu bulan menjelang pelaksanaan pertandingan. Kita lakukan perbaikan menjelang pelaksanaan pertandingan karena jalan tersebut masih digunakan warga sekitar untuk mengangkut pasir galian C,” tegasnya.

    Sebelumnya, Jabar ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan pertandingan beberapa cabang olahraga Asian Games XVIII/2018. Selain lima cabang olahraga tersebut, Jabar pun sempat disebut akan menjadi tuan rumah bagi pertandingan cabang olahraga bola tangan, bridge, sepak takraw, dan tinju. Namun berdasarkan rapat terakhir tersebut, Jabar pun sudah ditetapkan sebagai tuan rumah bagi pertandingan di lima cabang olahraga.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img