spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    JabarSebeuh Milik Hasanah Siap Tingkatkan Pendapatan Petani dan Nelayan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin (Hasan) bersama pasangannya Anton Charliyan menawarkan program JabarSebeuh pada perhelatan Pilgub Jabar 2018. Hal itu menyusul luasnya lahan pertanian di Jabar, bahkan dimungkinkan mengeksor bahan pangan ke luar, terlebih Jabar disebut sebagai lumbung padi nasional.

    Namun potensi besar itu justru terus terancam berbagai persoalan, di antaranya irigasi, penyusutan lahan pertanian akibat modernisasi dan alih fungsi lahan dari pertanian menjadi properti hingga industri. Begitupun jumlah petani yang kian menyusut, mengingat suramnya masa depan petani. Program JabarSebeuh yang digulirkan Hasanah ini memberikan perhatian khusus terhadap petani dan ketahanan pangan.

    “JabarSebeuh ini program yang diarahkan untuk memberikan akses kepada mayarakat agar memperoleh pangan yang layak dan cukup,” kata Hasan, Rabu (7/3/2018).

    Adapun aplikasi dari program tersebut, di antaranya perbaikan irigasi guna mendukung pasokan air di daerah pertanian. Kemudian memberikan subsidi pupuk, sarana pertanian dan bibit untuk petani secara gratis. Hal itu dianggap penting agar petani tidak merugi.

    Pihaknya pun akan menyiapkan program pinjaman modal untuk petani dan nelayan tanpa agunan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), BUMDes dan kelompok tani. Dengan begitu, petani bisa memiliki kedudukan sejajar dengan tengkulak, sehingga ada rasa keadilan antara petani dan konsumen.

    “Melaui pelatihan usaha kelompok tani dan nelayan, kami pun ingin meningkatkan pendapatan mereka. Salah satunya dengan pelatihan memproduksi produk turunan dari hasil taninya,” jelas dia.

    Hal itu ditujukan untuk memberikan perlindungan yang baik kepada petani dan nelayan yang berbasis ekspor. Terlebih, selain untuk petani, program JabarSebeuh itu pun diarahkan untuk nelayan dan peternak.

    “Pokoknya untuk ketahanan pangan ini, kita sangat konsen. Masyarakat Jabar kudu sebeuh (harus kenyang) nggak boleh ada yang kelaparan,” tegas dia.

    Seperti diketahui, Pasangan Hasanah memiliki 7 program unggulan yang terdapat di Sawelas Asih di antaranya, BogaGawe, JabarSebeuh, JabarCageur, SakolaGratis, ImahReumpeug, Turkamling dan Molotot.com.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img