spot_img
Senin 15 Juli 2024
spot_img
More

    Surabaya Resmi Punya Jalan Prabu Siliwangi dan Sunda

    SURABAYA, FOKUSJabar.id: Jalan Prabu Siliwangi dan Jalan Sunda resmi diresmikan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

    Sebelumnya, Jalan Sunda bernama Dinoyo dan Jalan Prabu Siliwangi bernama Jalang Gunung Sari.

    Nama dua jalan tersebut digagas dan diresmikan tiga Gubernur, yakni Gubernur Jati Soekarwo, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) dalam acara rekonsiliasi budaya Sunda dan Jawa bertajuk ‘Harmoni Budaya Sunda Jawa’ di Hotel Bumi Surabaya, Jalan Basuki Rahmat, Selasa (6/3/2018).

    Gubernur Jabar Aher menyebut, penyatuan budaya Jawa dan Sunda melalui rekonsiliasi budaya itu ditandai dengan peresmian nama dua jalan di Surabaya dan Yogyakarta sebelumnya.

    Hal itu sekaligus sebagai upaya menghilanhkan segala bentuk emosi kolektif terkait ‘perselisihan’ antara Mahapatih Gadjah Mada dari Majapahit dengan Prabu Maharaja Linggabuana dari kerajaan Sunda di Pasanggrahan, Bubat Trowulan.

    “Jadi marilah kita hadirkan kesatupaduan Sunda dan Jawa melalui lingkup kebhinekaan negeri ini. Urusan masa lalu hendaknya tidak diungkit kembali dan kita lupakan, terlebih masalahnya sudah terjadi,” kata Aher.

    Dengan adanya naman Jalan Prabu Siliwangi dan Jalan Sunda di Jawa Timur, Aher optimistis segala bentuk emosi kolektif terkait Perang Bubat yang terjadi tahun 1357 silam itu cair.

    ” Insya Alloh nama jalan akan mencairkan. Saya sendiri tidak tahu kenapa bentuknya jalan, tapi memang bisa jadi lambang kesejahteraan juga. Di Jabar pun akan ada Jalan Majapahit dan Prabu Hayam Wuruk dalam waktu dekat,” jelas dia.

    Aher menargetkan penamaan jalan Majapahit dan Prabu Hayam Wuruk di Jabar diresmikan April 2018.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img