spot_img
Rabu 28 Februari 2024
spot_img
More

    Perpustakaan Tasik Dapat Bantuan Mobil

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dipusipda) Kota Tasikmalaya mendapatkan perhatian besar dari Perpustakaan Nasional RI. Buktinya Perpusnas memberikan  satu unit Mobil Perpustakaan keliling.

    Penyerahan kendaraan perpustakaan keliling oleh Anggota DPR RI Komisi X Ustadz Thoriq Hidayat di Kantor BI Tasikmalaya dan diterima langsung Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan Hasanudin, serta disaksikan Sekretaris  Perpustakaan Nasional RI Dedi Junaedi, Kepala BI Perwakilan Tasikmalaya Heru Saptaji dalam kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Selasa (27/02).

    Sekretaris Utama Perpusnas RI Dedi Junaedi menjelaskan,  minat baca masyarakat kita tidak rendah tapi hanya keterbatasan fasilitas buku yang ada, untuk itu kita terus membantu pengadaan judul-judul buku ke berbagai daerah.

    ”Kita terus membantu pengadaan buku ke pesantren, lapas, komunitas, rumah sakit termasuk buku-buku untuk daerah terluar dan terpencil,”jelasnya.

    Ded mengatakan, untuk membantu minat baca masyarakat, Perpusnas juga memberikan kendaraan perpustakaan keliling yang bisa menjangkau ke pelosok-pelosok wilayah. Tahun ini ada 40 unit mobil perpustakaan yang akan dibagikan ke daerah agar masyarakat dapat dengan muda menjangkau perpustakaan, mobil perpustakaan ini pun dilengkapi 500 judul buku, dilengkapi Multimedia, ada LCD, laptop, Screen dan genset sehingga betul-betul nyaman untuk fasilitas membaca masyarakat.

    Dalam Kesempatan itu, Ust Thoriq Hidayat mengatakan, tingkat minat membaca masyarakat sejauh ini masih rendah, untuk itu perlu dorongan dan upaya-upaya dalam menggugah masyarakat agar mereka cinta dan gemar untuk membaca”kita peduli untuk memajukan lembaga pembacaan atau perpustakaan didaerah agar menjadi tempat baca yang digemari dan dicintai masyarakat untuk gemar membaca di Perpustakaan,”ujarnya kepada Wartawan.

    ”Bantuan kendaraan perpustakaan keliling ini untuk meningkatkan literasi masyarakat Kota Tasikmalaya dalam membaca baik di Perpustakaan maupun di perpustakaan keliling yang telah dimiliki Pemkot Tasikmalaya ini,” pungkasya. (seda/DAR)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img