spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Kemiskinan Penyebab Banyaknya Orang Gila di Tasik

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Penyakit gangguan jiwa alias orang gila makin marak berlakangan ini. Penyebabnya salah satunya karena faktor kemiskinan yang tinggi sehingga mengakibatkan orang miskin jadi stres. Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) itu   karena hidupnya serba kekurangan.

    “Banyak orang gila karena stres memikirkan beban hidup, mereka itu miskin dan tidak punya iman. Jadi bisa saya katakan bahwa penyebab orang jadi gila itu karena faktor kemiskinan,” kata   Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya Nana Rosadi saat acara Musrenbang Sektoral Dinas Sosial (Dinsos) di City Hotel Selasa (20/02).

    Dia pun menjelaskan, fenomena sosial ini harus mendapat perhatian serius dari Pemerintah untuk ditanggulangi agar tidak menimbulkan permasalahan dan penyakit sosial”mereka itu sebenarnya memiliki kemauan untuk maju dan berkembang, tinggal bagaimanan kita memfasilitasi dan mendorongnya, makanya Dinsos melakukan pemberdayaan terhadap mereka yang sakit jiwa melalui kelompok usaha bersama (Kube), e-warung, penciptaan lapangan kerja, semua kita coba melayani karena mereka juga manusia mau hidup bahagia dan sejahtera.

     

    Sejauh ini pihaknya pun terus bekerja untuk mengurangi permasalahan sosial di masyarakat dengan terus turun ke lapangan untuk melihat fenomena dan kejadian yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dinas Sosial tidak hanya bekerja behind on the table tapi harus peka terhadap permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat. (Seda/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img