spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    PBSI Jabar Siapkan 30 Atlet untuk Seleknas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Barat menggelar seleksi daerah (selekda) di GOR Bikasoga, Jalan Suryalaya, Buah Batu, Kota Bandung, 27-31 Desember 2021. Selekda digelar untuk memilih atlet bulutangkis terbaik di Jabar untuk mengikuti pelaksanaan seleksi nasional (seleknas) pada 10 Januari 2022.

    Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Jabar, Herman Subardjah mengatakan, pelaksanaan seleksa diikuti oleh 80 atlet di kelompok junior (kelahiran 2004-2005) dan dewasa (kelahiran 2002-2003). Atlet yang dikirimkan ke selekda merupakan atlet-atlet terbaik dari klub-klub bulutangkis di Jabar.

    “Untuk seleknas sendiri, kuota yang diberikan PB PBSI bagi setiap provinsi itu lima orang atlet untuk setiap nomor di masing-masing kelompok usia,” kata Herman saat ditemui di sela-sela pelaksanaan selekda, Jumat (31/12/2021).

    Dengan demikian, lanjut dia, maksimal atlet yang bisa dikirimkan setiap provinsi pada seleknas tersebut yakni 50 orang. Meski demikian, pihaknya tidak akan mengirimkan full kuota atlet untuk seleknas tersebut.

    “Hanya yang terbaik dari yang paling baik, paling siap, dan memiliki kualitas memadai yang akan kita kirim ke seleknas dari hasil selekda ini. Sekitar 30-an atlet,” kata dia.

    Dari pelaksanaan selekda, Herman mengaku jika kemampuan para atlet bulutangkis Jabar cukup baik. Pihaknya pun optimis bisa meloloskan atlet ke kamp pelatnas di Cipayung.

    “Mudah-mudahan, sesuai prediksi, kita bisa meloloskan 6 sampai 10 atlet ke pelatnas di Cipayung. Hingga saat ini, ada sekitar 10 atlet asal Jabar yang berada di kamp pelatnas,” Herman menegaskan.

    BACA JUGA: Pemain Persib Bandung Bertolak ke Bali Terpisah

    Dari total atlet yang mengikuti selekda, PB Mutiara Cardinal Bandung menjadi klub paling banyk mengirimkan atletnya. Total, sebanyak 35 atlet yang dikirimkan PB Mutiara Cardinal Bandung di semua kelompok umur.

    “Dari 35 atlet yang kita kirim, mudah-mudahan bisa 30 atlet yang lolos ke seleknas. Ini kan puncaknya di seleknas, jadi dari sini lah tolok ukur agar bisa maksimal di seleknas,” kata Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Mutiara Cardinal, Devi Sukma.

    Saat ini, PB Mutiara Cardinal Bandung sudah menempatkan lima orang atlet di kamp pelatnas. Salah satunya Gregoria Mariska Tunjung.

    “Semoga di seleknas nanti, kita bisa tambah dua sampai lima orang atlet untuk menghuni pelatnas,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img