GARUT,FOKUSJabar.id: Sekretaris Jenderal Ombudsman RI, Suganda Pandapotan Pasaribu, mengapresiasi inovasi dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). Apresiasi ini disampaikan saat kunjungan kerjanya di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, pada Jum’at (7/11/2025).
Kunjungan Ombudsman RI bersama jajaran ini bertujuan untuk melihat dan mengukur langsung kualitas layanan publik yang diselenggarakan Pemkab Garut.
Suganda Pandapotan Pasaribu secara khusus menyoroti keberhasilan MPP Garut yang kini telah menampung 24 tenant atau layanan dalam satu tempat. Menurutnya, hal ini menunjukkan perhatian pemerintah daerah dalam menghadirkan pelayanan yang lebih baik.
BACA JUGA: Pemkab Garut Lantik 6.596 P3K Paruh Waktu, Akhiri Penantian Panjang Tenaga Honorer
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati dan jajaran, bahwa tadi kami berkunjung ke MPP kita melihat bagaimana sih Pemerintah Kabupaten Garut memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Nah kami sudah melihat, sudah baik ya, namun tentunya memang perlu terus ditingkatkan,” jelas Suganda.
Ia menambahkan, peningkatan kualitas pelayanan publik memerlukan kolaborasi dari semua pihak. Ombudsman RI berharap kolaborasi ini terus ditingkatkan agar Garut dapat menjadi model daerah dengan kualitas pelayanan publik prima di Indonesia.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Garut, Abdusy Syakur Amin, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan masukan konstruktif dari Ombudsman RI. Bupati mengakui adanya peningkatan dalam layanan, namun kunjungan ini menjadi pengingat bagi Pemkab untuk terus berbenah.
“Dan kita juga sampaikan ada beberapa secara umum barangkali sudah lebih baik tapi juga ada beberapa yang mengingatkan kita semua untuk melakukan upaya yang lebih baik lagi,” ujar Abdusy Syakur Amin.
(Y.A. Supianto)


