TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: PT Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan kinerja keuangan yang solid pada kuartal III tahun 2025. Di tengah tantangan ekonomi makro global, Indosat tetap mampu mempertahankan pertumbuhan yang stabil dan berkelanjutan.
Sepanjang kuartal III 2025, Indosat membukukan pendapatan sebesar Rp14,05 triliun, meningkat 3,8 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Laba yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk (normalized profit) juga tumbuh signifikan 29,1 persen, mencapai Rp1,32 triliun, sejalan dengan pertumbuhan EBITDA sebesar Rp6,49 triliun atau naik 0,8 persen secara kuartalan.
Kinerja positif itu turut tercermin dari peningkatan Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 3,6 persen menjadi sekitar Rp40 ribu, dengan total 95 juta pelanggan seluler aktif. Angka tersebut menegaskan konsistensi dan kekuatan bisnis inti Indosat di pasar telekomunikasi nasional.
President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Indonesia, Vikram Sinha, menyampaikan bahwa pertumbuhan tersebut ditopang oleh performa positif di seluruh lini bisnis utama perusahaan, mulai dari seluler, multimedia, data communications, internet (MIDI) hingga telekomunikasi tetap, yang masing-masing mencatatkan kenaikan antara 1,1 hingga 4,2 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.
“Kinerja keuangan Indosat pada kuartal ketiga menunjukkan hasil yang positif. Kami terus berinovasi dan menjaga daya saing di tengah situasi ekonomi yang menantang,” ujar Vikram, Kamis (30/10/2025).
Menurutnya, tren kenaikan ARPU menjadi bukti bahwa strategi perusahaan tetap fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan.
“Kami terus beradaptasi dengan kondisi ekonomi dan menjadikan pelanggan sebagai aset terbesar. Transformasi berbasis AI menjadi kunci dalam memperkuat jaringan dan menciptakan nilai baru di era digital,” jelasnya.
Eksekusi Strategis
Vikram menegaskan, fondasi perusahaan yang kuat, eksekusi strategis dan inovasi berorientasi tujuan, menjadi landasan pertumbuhan berkelanjutan bagi IOH sekaligus kontribusi nyata bagi perekonomian digital Indonesia.
“Indosat berkomitmen menghadirkan inovasi yang memberi nilai nyata bagi pelanggan. Pada kuartal III ini, kami meluncurkan Solusi Anti-Spam dan Anti-Scam berbasis AIvolusi 5G untuk meningkatkan keamanan komunikasi digital,” tambahnya.
Selain itu, pada Agustus 2025, Indosat bersama Cisco meresmikan Sovereign Security Operations Center (SOC) pusat keamanan siber pertama di Indonesia.
“Langkah strategis ini memperkuat ketahanan siber nasional sekaligus menjaga kedaulatan digital Indonesia,” pungkas Vikram.
(Seda)


