BANDUNG,FOKUSJabar.id: Di balik semaraknya Festival Kuliner Bandung (FKB) Vol. 2 yang berlangsung sejak 28 hingga 5 Oktober 2025, keandalan konektivitas digital menjadi kunci kelancaran ribuan transaksi yang terjadi setiap harinya.
Melalui layanan IM3 Platinum, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama mitra konektivitasnya, HiFi, menghadirkan infrastruktur jaringan yang mendukung ekosistem transaksi digital secara penuh selama festival berlangsung.
Seluruh transaksi di FKB Vol. 2 dilakukan secara cashless, dan lebih dari 90 persen mesin EDC yang digunakan tenant UMKM terhubung dengan jaringan Indosat.
EVP Head of Circle Jakarta Raya (JAYA) IOH, Chandra Pradyot Singh mengatakan, bahwa kehadiran teknologi harus mampu mendukung aktivitas ekonomi secara nyata.
Baca Juga: SheHacks 2025, Indosat Siap Dorong Pemberdayaan Perempuan Dalam Kesetaraan Digital
“Kami percaya bahwa teknologi yang bermakna adalah teknologi yang menggerakkan. Melalui konektivitas, kami ingin pelaku UMKM bisa fokus melayani tanpa cemas soal transaksi. Kami juga ingin pengunjung menikmati pengalaman mereka tanpa hambatan,”kata Chandra Selasa (30/9/2025).
Selama FKB Vol. 2, Indosat mencatat lonjakan trafik data yang melebihi rekor saat malam tahun baru 2025. Namun, tidak ditemukan gangguan berarti pada konektivitas.
Hal ini menunjukkan ketahanan jaringan yang telah dioptimalkan khusus untuk mendukung area dengan kepadatan tinggi pengunjung.
“Selama festival tim teknis Indosat melakukan monitoring jaringan secara real time dan peningkatan kapasitas jaringan di sekitar venue festival, memastikan performa tetap maksimal sepanjang acara,”katanya.
Baca Juga: Indosat: Konektivitas Jaringan Kuat dan Stabil
Menurutnya, tren peningkatan trafik data ini juga mencerminkan perubahan perilaku masyarakat yang kini semakin bergantung pada konektivitas, baik untuk komunikasi, hiburan, maupun aktivitas ekonomi.
“Lebih dari 60% pelanggan baru IM3 Platinum memilih paket dengan kuota besar serta fitur fleksibel seperti data rollover dan eSIM, menunjukkan bahwa konsumen kini mengutamakan layanan yang cepat, adaptif, dan mendukung mobilitas,”ucapnya.
Chandra menambahkan, layanan IM3 Platinum tidak hanya hadir di pusat keramaian, tetapi juga membawa beragam fitur yang memperkaya pengalaman digital pelanggan, termasuk koneksi ke jaringan 5G, bonus kuota, pilihan nomor cantik, hingga cashback bagi pelanggan baru.
Pihaknya menegaskan, bahwa indosat berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha lokal, menghubungkan komunitas, dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital nasional.
“Lebih dari sekedar jaringan, indosat hadir untuk memberdayakan pelaku usaha, menghidupkan komunitas dan menghidupkan pengalaman karna disetiap transaksi yang lancar ada kisah usaha yang terus bergerak maju,”pungkasnya.
(Yusuf Mugni)