BANDUNG,FOKUSJabar.id: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Telkom University (Tel-U) mengenalkan konsep dasar pemasaran digital kepada warga di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.
Warga desa diajarkan membuat storytelling visual dan teknik pengambilan video, hingga teknik penyuntingan video menggunakan Ponsel pintar.
Kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Teknik Dasar Pembuatan Video untuk Pemasaran Digital Desa Wisata’ itu diikuti 80 peserta. Mereka adalah pelaku UMKM, pegiata wisata dan warga setempat.
BACA JUGA : Pemkot Bandung Dorong UMKM Kuasai Keamanan Siber di Era Digital
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Heppy Millanyani mengatakan, kemampuan masyarakat mempromosikan potensi wisata melalui media visual sangat penting.
“di era digital, video menjadi media efektif untuk mengenalkan keunikan desa kepada wisatawan yang mencari referensi melalui media sosial,” kata Happy.
Selain penyampaian materi, kegiatan ini juga menampung aspirasi dan masukan dari masyarakat. Para peserta berharap pelatihan serupa bisa dilakukan berkesinambungan.
“Kami berharap ada pelatihan lanjutan dan lebih mendalam, seperti strategi pengelolaan media sosial dan teknik produksi konten lanjutan,” kata salah seorang peserta.
Literasi Digital
Untuk diketehui ,program ini bagian dari roadmap Kelompok Keahlian Technology-Based Management (KK-TBM) FEB Tel-U, yang berfokus pada penguatan kapasitas masyarakat melalui literasi digital.
Pelatihan ini diharapkan mampu mendorong Desa Sugihmukti menjadi desa wisata digital yang mandiri dan berdaya saing. Adapun hasil akhir dalam bentuk deseminasi hasil pengabdian, kegiatan ini akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah dan kanal media resmi Tel-U.
Tim Pengabdian Masyarakat di Desa Sugihmukti dipimpin Ketua Heppy Millanyani. Kemudian ada Damayanti Octavia, Indira Rachmawati dan Nathaleo Michel Apon sebagai anggota.
(LIN)