spot_img
Kamis 26 Juni 2025
spot_imgspot_img

Bapenda Jabar Genjot Pelayanan di Tengah Antusiasme Tinggi Program Pemutihan Pajak

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat, Asep Supriatna, langsung tancap gas membenahi layanan untuk wajib pajak sejak dilantik sebulan lalu. Fokus utamanya adalah peningkatan kualitas pelayanan, dibuktikan dengan koordinasi intensif dan peninjauan langsung kondisi di lapangan.

Asep Supriatna memberikan apresiasi tinggi terhadap antusiasme masyarakat dalam mengikuti program pemutihan pajak kendaraan yang digulirkan oleh Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi. Menjelang berakhirnya program pada akhir Juni ini, terjadi lonjakan kunjungan yang signifikan, mencapai 2.000 wajib pajak setiap harinya. Lonjakan ini mencakup berbagai jenis layanan, mulai dari pajak tahunan dan lima tahunan, hingga balik nama dan mutasi kendaraan.

Berbagai upaya penyempurnaan layanan terus digencarkan di seluruh Samsat. Beberapa di antaranya meliputi perpanjangan jam operasional Samsat Induk, dengan layanan hari Sabtu dibuka hingga pukul 14.00 WIB, bahkan layanan ekstra pada hari Minggu.

BACA JUGA: Realisasi Pendapatan Tertinggi Hingga PAD Meningkat, Bapenda Jabar Mendapat Penghargaan dari Kemendagri

“Setelah dilantik, hal pertama yang saya lakukan adalah adaptasi, lalu koordinasi dan pengecekan lapangan. Pembahasan bersama Kepala P3DW (Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah) fokus pada layanan,” ujar Asep Supriatna.

Pemanfaatan teknologi juga ditingkatkan, seperti pemasangan mesin antrean dan perluasan saluran pembayaran, baik melalui digitalisasi maupun kehadiran langsung di lokasi keramaian. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, Bapenda bahkan menambah personel dengan merekrut mahasiswa magang, khususnya di Samsat dengan kunjungan terbanyak seperti Samsat Kawaluyaan.

“Saluran pembayaran untuk program pemutihan pajak ini kami perbanyak, jam operasional kami buka setiap hari (kecuali libur nasional) sampai nanti penutupan,” kata dia.

Koordinasi erat dengan pihak kepolisian dan Jasa Raharja sebagai bagian dari Samsat juga terus diperkuat. Menurut Asep, di bawah kepemimpinan Dedi Mulyadi, sinergi ini bukan sekadar koordinasi administratif, melainkan kemitraan strategis yang berorientasi pada pemenuhan hak masyarakat.

Asep Supriatna mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada wajib pajak atas antusiasme yang luar biasa. 

BACA JUGA: Menjelang Akhir Tahun, Bapenda Jabar Siapkan Promo Pajak Kendaraan

“Lonjakan kunjungan sangat tinggi. Kami terus evaluasi agar layanan bisa prima. Harapannya, ke depan, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bisa meningkat,” kata dia.

Hingga Sabtu (31/5/2025), tercatat 2.962.941 kendaraan bermotor (kbm) telah memanfaatkan program pemutihan ini. Rinciannya, 2.433.675 kbm adalah kendaraan roda dua, dan 529.266 kbm adalah kendaraan roda empat.

“Layanan harus baik. Ketika ada dinamika di lapangan, harus diselesaikan dengan cepat,” kata Asep.

spot_img

Berita Terbaru