spot_img
Rabu 25 Juni 2025
spot_imgspot_img

Libur Panjang 1447 H, KAI Daop 2 Bandung Siapkan 125.174 Tempat Duduk

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Menyambut libur panjang Tahun Baru Islam 1447 Hijriah (27/6/2025), PT KAI Daop 2 Bandung menyiapkan 44 perjalanan jarak jauh dengan kapasitas 125.174 tempat duduk.

Demikian disampaikan Manajer Humas Daop 2 Bandung, Kuswardojo. Kata Dia, langkah persiapan itu untuk  mengantisipasi lonjakan penumpang selama 26 Juni hingga 1 Juli 2025.

BACA JUGA:

Libur Idul Adha 2025, KAI Daop 2 Bandung Siapkan 135 Ribu Kursi dan Dua KA Tambahan

Selain itu, merupakan bentuk upaya PT KAI dalam memenuhi animo dan kebutuhan masyarakat menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA).

“Saat libur panjang tahun baru Islam 1447 H, animo masyarakat menggunakan KA sangat tinggi. Oleh karena itu, Kami siapkan 44 perjalanan jarak jauh dan 125.174 tempat duduk. Dengan begitu, semua masyarakat bisa terakomodir,” ungkap Kuswardojo.

Menurutnya Dia, libur panjang tahun baru Islam tahun ini akan mengalami lonjakan penumpang yang siginifikan. Pasalnya bertepatan dengan awal musim libur sekolah.

“Saya melihat minat masyarakat untuk bepergian menggunakan KA akan meningkat signifikan karena bertepatan dengan libur sekolah,” katanya.

Kuswardojo menyebut, dari 44 perjalanan yang disiapkan, 42 di antaranya perjalanan KA reguler dan 2 perjalanan KA fakultatif.

“KA yang dioperasikan nanti adalah relasi tujuan Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Blitar dan Surabaya,” kata Dia.

Kemudian KA yang beroperasi secara regular setiap harinya adalah KA Argo Wilis, Turangga, Malabar, Mutiara Selatan, Lodaya, Harina, Pangandaran, Papandayan, Parahyangan, Ciremai, Kahuripan, Pasundan, Kutojaya Selatan dan Cikuray.

BACA JUGA:

Hampir 50 Ribu Penumpang Gunakan Kereta Api dari Daop 2 Bandung Selama Libur Kenaikan Isa Almasih

Sedangkan KA Parahyangan Fakultatif berjalan pada tanggal 26-29 Juni 2025.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan perkeretaapian demi meningkatkan kepuasan para penumpang.

“Kita terus memaksimalkan pelayanan agar penumpang merasakan kenyamanan dan keamanan. Baik saat berada di stasiun maupun saat berada di dalam perjalanan,” imbuhnya.

Kuswardojo mengimbau, masyarakat yang sudah berencana melakukan perjalanan sebaiknya pesan tiket dilakukan lebih awal sesuai jadwal keberangkatan yang ditentukan.

“Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui seluruh kanal resmi KAI. Yakni, Access by KAI, situs booking.kai.id dan mitra-mitra resmi KAI,” katanya.

Pihaknya berharap, masyarakat bisa memanfaatkan layanan yang disediakan dengan baik agar mampu menikmati perjalanan selama liburan dengan aman dan nyaman.

BACA JUGA:

Antisipasi Lonjakan Libur Panjang, KAI Daop 2 Bandung Tambah Dua KA Lodaya

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik,” ucap Manajer Humas Daop 2 Bandung.

“PT KAI senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan dan mengajak masyarakat untuk menggunakan KA sebagai moda transportasi yang aman, nyaman dan tepat waktu dalam setiap perjalanan,” pungkas Kuswardojo.

(Seda/Bambang Fouristian)

spot_img

Berita Terbaru