spot_img
Kamis 24 April 2025
spot_imgspot_img

Dekatkan Pelayanan, Pemkab Ciamis Gelar Program “Pepatah Manis” di Sindangkasih

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali membuktikan komitmennya dalam melayani masyarakat dengan menggelar program “Pepatah Manis” (Pelayanan Terpadu Pemerintah untuk Masyarakat Ciamis) di Gedung Dakwah, Kecamatan Sindangkasih. Sebanyak 55 jenis pelayanan dari 23 Unit Pelayanan Publik (UPP) hadir langsung di tengah masyarakat pada Kamis (24/4/2026).

Kegiatan rutin yang digagas Pemkab Ciamis ini bertujuan untuk memastikan aksesibilitas layanan pemerintahan yang lebih cepat, mudah, dan terjangkau, terutama bagi warga di daerah pelosok. Program ini juga merupakan implementasi dari rencana tindak lanjut yang disepakati bersama Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyampaikan bahwa program “Pepatah Manis” bukan sekadar inovasi, melainkan representasi nyata dari upaya pemerintah untuk memperpendek jarak antara masyarakat dan layanan publik. 

BACA JUGA: Bupati Ciamis Sidak RSUD Kawali, Pastikan Pelayanan Tak Pandang Status Sosial

“Kami akan selalu konsisten dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Ciamis,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya menyediakan layanan administrasi dan publik, tetapi juga dirangkaikan dengan Operasi Pasar Murah (OPM), yang semakin menarik minat warga untuk hadir dan memanfaatkan kesempatan tersebut. 

“Warga yang hadir pun menyambut kegiatan ini dengan antusias. Banyak dari mereka memanfaatkan layanan mulai dari administrasi kependudukan, kesehatan, perizinan, tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor instansi terkait,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Ciamis juga menyerahkan penghargaan kepatuhan pelayanan publik tahun 2024 kepada sejumlah unit pelayanan yang dinilai berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. 

“Jangan berharap pada selembar kertas penghargaan. Utamakan pelayanan kepada masyarakat. Kalau pun ada penghargaan itu hanya bonus atas kerja keras kita,” kata dia.

BACA JUGA: Sidak RSUD, Bupati Ciamis Uji Kualitas Layanan Kesehatan

Herdiat juga menyampaikan apresiasi kepada Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat atas sinergi dan kolaborasi yang terjalin dalam kegiatan tersebut. Ia berharap program “Pepatah Manis” tidak hanya menjadi rutinitas administratif, tetapi benar-benar memberikan manfaat nyata. 

“Kegiatan ini harus benar-benar mempunyai manfaat yang nyata terutama bagi masyarakat di Kecamatan Sindangkasih dan sekitarnya,” pungkasnya. 

(Husen Maharaja/Anthika Asmara)

spot_img

Berita Terbaru