CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam memperluas layanan keuangan digital melalui program keagenan bjb BiSA Laku Pandai. Program ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang, dengan bantuan agen yang telah bekerja sama dengan bank bjb dan didukung oleh teknologi informasi yang mumpuni.
Dalam program ini, bank bjb menawarkan dua pilihan bagi calon agen, yakni sebagai agen perorangan atau agen berbadan hukum. Fleksibilitas ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menyesuaikan peran mereka sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas yang dimiliki. Para agen nantinya akan melayani nasabah maupun calon nasabah dalam berbagai transaksi perbankan yang telah ditentukan dalam perjanjian kerja sama.
Baca Juga: Bulan Ramadan, Perpustakaan Ciamis Diserbu Pengunjung
Pada tahap awal pelatihan, terdapat 230 peserta yang mendaftar. Namun, setelah proses seleksi, sebanyak 95 peserta terpilih untuk mengikuti pelatihan lanjutan sebagai agen bjb BiSA Laku Pandai. KDS Center turut berperan sebagai fasilitator dalam mempertemukan masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan dengan pihak bank bjb. Pelatihan dilaksanakan di di Aula Saung Sawah, Sukamaju, Baregbeg, Ciamis, Senin (3/2/225).
Sebagai agen bjb BiSA Laku Pandai, peserta tidak hanya membantu masyarakat dalam mengakses layanan perbankan, tetapi juga memperoleh keuntungan finansial. Mereka berkesempatan mendapatkan pendapatan tambahan dari imbal jasa atau sistem bagi hasil atas setiap transaksi. Selain itu, agen juga mendapatkan pelatihan dan edukasi dari bank bjb untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka.
Dampak Positif Untuk Perekonomian Masyarakat
Anggota DPRD Jawa Barat, Didi Sukari, menyampaikan program ini memiliki dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.
“Dengan adanya program ini, kesejahteraan masyarakat meningkat karena tercipta lapangan pekerjaan baru dan kemudahan akses layanan perbankan bagi masyarakat yang sebelumnya kesulitan menjangkau layanan perbankan konvensional,” ujarnya.
Selain pendapatan tambahan dan pelatihan, agen juga mendapatkan berbagai keuntungan lain. Keuntungan seperti kemudahan akses ke layanan perbankan. Kemudian kesempatan mengikuti program promosi dan hadiah yang bank bjb selenggarakan untuk agen yang aktif. Hal ini semakin memotivasi para agen dalam menjalankan tugas mereka serta meningkatkan inklusi keuangan di berbagai daerah.
“Dengan adanya bjb BiSA Laku Pandai, bank bjb tidak hanya memperluas jangkauan layanan perbankannya. Tetapi juga memberdayakan masyarakat untuk turut serta dalam ekosistem keuangan digital yang lebih inklusif dan modern,” pungkas Didi Sukardi.