JAKARTA,FOKUSJabar.id: bank bjb kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan bergengsi sebagai “Most Popular Brand of The Year” di kategori Keuangan Perbankan Daerah dari Jawa Pos. Pengakuan ini merupakan bagian dari acara Jawa Pos 7 Most Popular Brand of The Year 2024, yang memberikan penghargaan kepada tujuh merek paling populer di 60 kategori yang mencerminkan pilihan masyarakat Indonesia.
Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap brand dengan tingkat kesadaran merek (brand awareness) tertinggi di masyarakat, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Jawa Pos bekerja sama dengan Infovesta, sebuah perusahaan riset terkemuka di Indonesia. Survei ini menggunakan metode multistage area random sampling dengan kriteria top of mind awareness, melibatkan 19.000 responden dari berbagai kota besar di Indonesia.
bjb berhasil menonjol di antara kompetitornya, menunjukkan kekuatan mereknya yang signifikan di industri perbankan. Direktur Keuangan bank bjb, Hana Dartiwan, menerima langsung perngharagaan tersebut. Dalam acara yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, pada 3 September 2024.
Dalam sambutannya, Hana mengungkapkan rasa syukur atas prestasi ini. Juga menyatakan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim bjb.
“Penghargaan ini mencerminkan dedikasi kami dalam memperkuat brand image di mata publik. Kami terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan nasabah,” kata Hana.
Strategi Bank BJB, Raih Most Popular Brand of The Year
Untuk terus memperkuat citra merek, bjb telah melakukan berbagai strategi. Seperti memperluas jaringan layanan, mengembangkan produk perbankan inovatif.
Juga memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik dan efisien.
“Inovasi adalah kunci utama untuk tetap kompetitif di era digital ini. Oleh karena itu, kami terus berupaya melakukan transformasi digital di berbagai aspek,” tambahnya.
Hana juga menekankan bahwa bjb terus memperkuat brand awareness di tengah persaingan yang semakin ketat di industri perbankan. Sebagai bank daerah yang berkomitmen memberikan layanan unggul, bjb gencar meluncurkan inovasi. Kemudian meluncurkan program untuk membangun citra sebagai bank yang modern, inklusif, dan siap memenuhi kebutuhan masyarakat.
Salah satu inovasi terbaru bjb adalah peluncuran aplikasi mobile banking yang rancangannya lebih ramah pengguna. Kemudian menawarkan kenyamanan dalam melakukan transaksi, pembayaran, hingga pengelolaan rekening secara lebih efisien.
Kemudian untuk memperluas layanan perbankan, bjb juga menjalankan program “Agen bjb BiSA!” yang memberdayakan masyarakat lokal sebagai agen perbankan. Agen ini berperan dalam membantu berbagai layanan seperti pembukaan rekening, pembayaran tagihan, hingga penarikan tunai.
bjb juga berkomitmen dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui kolaborasi dengan pemerintah dan regulator. Salah satu fokus utama mereka adalah mengedukasi generasi muda tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang baik.
Tidak hanya itu, bank bjb juga aktif memanfaatkan berbagai event untuk memperkuat citra merek. Salah satu contohnya adalah konser musik yang melibatkan UMKM lokal. Dalam konser tersebut transaksi digital menggunakan QRIS dipromosikan secara khusus, memperkuat posisi bank bjb sebagai pendukung utama ekonomi lokal.
Melalui berbagai program inovatif ini, bank bjb terus berupaya meningkatkan kesadaran publik terhadap mereknya. Selain fokus pada inovasi dan layanan, bank bjb juga selalu menjunjung prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance). Memastikan operasional yang transparan dan akuntabel.
Hana menegaskan, penghargaan “Most Popular Brand of The Year” ini merupakan kebanggaan bagi bank bjb. Kemudian juga dorongan untuk terus memberikan layanan terbaik dan inovatif bagi nasabah serta masyarakat luas.
(Press Rilis BJB/Irfansyahriza)