spot_img
Minggu 7 Juli 2024
spot_img
More

    KPU Kota Tasikmalaya Gencar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Menghadapi Pilkada Serentak 2024, jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) gelar sosialisasi.

    Sosialisasi tahapan digelar di Grand Metro Hotel, Jalan Hazet Mustafa Tawang Kota Tasikmalaya, Kamis (4/7/2024) dibuka Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Pengawasan KPU Kota Tasikmalaya, Aceng Muchyan.

    BACA JUGA:

    Kadin Kota Tasikmalaya Jalin Kerja Sama dengan PD Pasar Jaya DKI Jakarta

    Sejumlah elemen masyarakat hadir. Mulai dari pimpinan Partai Politik, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, unsur Forkopimda, TNI/Polri, insan media, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta kaum disabilitas.

    “Sosialisasi tahapan Pilkada Serentak sebagai langkah KPU dalam menghadapi dan menyukseskan pelaksanaan Pilgub dan Pilwalkot Tasikmalaya bulan November 2024 mendatang,” ungkap Aceng.

    Ia menjelaskan, proses tahapan demi tahapan harus diketahui dan dipahami oleh seluruh elemen masyarakat. Dengan begitu, dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaannya nanti.

    BACA JUGA:

    Tahun 2023 Investasi yang Masuk Ke Kota Tasikmalaya Tembus Rp 20 T Lebih

    “Kegiatan sosialisasi ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2/2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Wali Kota/Wakil Wali Kota dan Bupati/Wakil Bupati di Indonesia,” ujarnya.

    Ia menuturkan, pemahaman seluruh elemen masyarakat tentang pemilu menjadi hal penting.

    “KPU berharap, dengan masifnya sosialisasi berdampak terhadap meningkatnya partisipasi pemilih 27 November 2024 mendatang,” imbuhnya.

    Aceng menuturkan, sejumlah tahapan dipaparkan. Seperti proses coklit,  jumlah DPT, jumlah TPS, syarat pemilih sampai tahapan pendaftaran calon.

    “Sosialisasi tahapan sebagai komitmen KPU untuk melaksanakan kontestasi 5 tahunan yang jujur, adil dan akuntabel,” terangnya.

    Ia menambahkan, dukungan serta peran aktif seluruh komponen masyarakat sangat dibutuhkan demi kesuksesan dan kelancaran pemilihan.

    “Pemilihan serentak Pilwalkot Tasikmalaya dan Pilgub Jabar sudah didepan mata. Sehingga kita persiapkan diri untuk berpartisipasi untuk suksesnya pencoblosan 27 November,” harapnya.

    Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya, Imam Budiman menjelaskan, target perekaman identitas kependudukan untuk DP4 sebanyak 3.697 jiwa.

    “Perekaman bagi DP4 Pilkada Kota Tasikmalaya terus digencarkan. Dari 3.697 jiwa hingga per tanggal 4 Juli 2024 yang sudah melakukan perekaman mencapai 1.491 (40,33 persen),” ujarnya.

    BACA JUGA:

    Mensos Tri Rismaharini Bagi-bagi Gerobak Mie untuk KPM PKH di Tasikmalaya

    Ia mengaku, sebelum Pilkada Kota Tasikmalaya 27 Nopember mendatang,  DP4 ini sudah dilakukan perekaman semuanya.

    “Kita targetkan, daftar DP4 semua sudah terekam identitas kependudukan. Dengan bgeitu, mereka dapat berpartisipasi dalam Pilkada Serentak. Sehingga partisipasi pemilih di Kota Tasikmalaya bisa meningkat,” tutupnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img