spot_img
Jumat 5 Juli 2024
spot_img
More

    Cegah Kemacetan Saat AAF, Dishub Kota Bandung Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung tengah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas dan kantong-kantong parkir jelang perhelatan Asia Afrika Festival (AFF) pada 6-7 Juli 2024 mendatang.

    Rekayasa lalulintas berupa penutupan jalan dan pengalihan arus kendaraan. Ruas jalan yang akan ditutup bukan hanya jalur yang bakal menjadi rute parade atau karnaval budaya para peserta AAF. Penutupan jalan juga akan diterapkan pada Jalan Braga pendek “Jalan Asia Afrika ditutup pada hari Sabtu.

    BACA JUGA:

    Warga Cikacang Tewas Akibat Tersengat Aliran Listrik

    Sabtu malamnya Braga pendek yang ditutup. Jalan Cikapundung dan Jalan Soekarno itu dipakai karnaval saja tidak ditutup. Jadi yang ditutup itu jalan Tamblong Asia Afrika dekat Savoy Homan.

    Nah itu ditutup. Nanti disitu ada Gapura. Gapura itu salah satunya menyambut tamu-tamu delegasi dari 32 negara,”kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Koswara di Balai Kota Jalan Wastukencana Jabar Rabu (3/7/2024).

    Untuk mengantisipasi kemacetan, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 150 personel di 14 titik ruas jalan untuk mengatur rekayasa lalulintas.

    BACA JUGA:

    Pemkot Bandung Matangkan Asia Afrika Festival

    “Kemarin sudah dilibatkan dengan jajaran kepolisian, dengan TNI, Alhamdulillah sudah beres. Jadi kami itu ada 14 titik untuk mengurangi kemacetan.

    Jadi dari dishub itu kurang lebih menurunkan sekitar 150 orang. Ditambah lagi ada lima kegiatan yang berbarengan yaitu car free day dago dan car free day buah batu di hari Minggu. Ditambah lagi braga beken, ditambah lagi monju,”ungkapnya.

    Untuk menyukseskan acara tersebut, pihaknya pun akan menutup ruas jalan braga pendek dan pengalihan arus kendaraan.

    “Jadi bukan ada penutupan tapi rekayasa jalan, yang ditutup itu hanya braga pendek aja nggak ada penutupan yang lain. Ya kalau misalnya momen-momen nanti di Asia Afrika, tanpa belok Asia Afrika. Hanya siang sampai sore. Justru masyarakat harus datang,” jelasnya.

    Selain itu, Dishub juga telah menyiapkan dua kantong parkir on Street dan Parkir di aset pemerintah dan Swasta guna mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas saat penutupan jalan.

    “Kita sudah menyiapkan kantong parkir on Street para pengunjung Asia Afrika Festival dapat memarkir kendaraannya di sejumlah jalan, yakni Jalan ABC, Terusan Naripan, Braga ( Setelah Rel), Jalan Viaduct, Dalem Kaum,” katanya.

    BACA JUGA:

    Bio Farma Menjadi Fasilitas Rujukan Program Fellowship OIC Comstech

    Sementara itu untuk kantong parkir aset Pemerintah dan swasta pengunjung juga bisa memarkir kendaraannya di Area parkir Balaikota Bandung, Area parkir Taman Dewi Sartika.

    “Para pengunjung bisa memarkirkan kendaraanya di Area parkir Balaikota Bandung, Area parkir Taman Dewi Sartika, Area parkir Dinas SDA Jabar Jalan Braga, Area parkir Bank Bandung Kota Bandung, Basement alun-alun, Area parkir Kantor Pos belakang dan Area parkir Eks Matahari,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img