spot_img
Kamis 4 Juli 2024
spot_img
More

    Mahasiswa Tel-U Menyumbang Inovasi dan Kesejahteraan Sosial Melalui Program Gotong Royong Desa

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 31 mahasiswa Telkom University (Tel-U) telah menyelesaikan misi mereka dalam Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD) di tujuh desa Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

    Program ini bagian dari kuliah kerja nyata (KKN) tematik selama empat bulan. Tidak hanya memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, tetapi juga membawa dampak positif yang signifikan dalam pembangunan lokal.

    Dengan dukungan penuh dari Rektor Tel-U, Prof. Dr. Adiwijaya, program KKN tematik ini tidak hanya sekadar memenuhi kurikulum akademik, tetapi juga mewujudkan semangat Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kemendikbud-Ristek.

    BACA JUGA:Bantu SEIN Farm, Tel-U Ciptakan 14 Produk Inovasi

    Tel-U
    KKN di Sumedang, Mahasiswa Tel-U Bantu menciptakan kesejahteraan di Desa (dok Tel-U)

    Kerja sama antara Tel-U, LLDIKTI Wilayah IV, Paguyuban Profesor, dan Pemerintah Kabupaten Sumedang telah melahirkan kolaborasi yang produktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

    “Tel-U sepenuhnya mendukung PTMGRMD dengan mengirimkan mahasiswa-mahasiswa kami. Selain softskills dan kepemimpinan mahasiswa, mahasiswa juga diharapkan membawa inovasi dan kesejahteraan sosial di desa-desa,” kata Prof. Adiwijaya, Selasa (2/7/2024).

    Para mahasiswa terlibat aktif dalam berbagai kegiatan, dari pengolahan sampah hingga pengembangan UMKM dan pariwisata lokal.

    “Program ini bukan hanya tentang pembangunan fisik, tetapi juga tentang memberdayakan masyarakat melalui inovasi dan kesejahteraan sosial,” kata Kabag Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Tel-U, Dr. Eng Muhammad Almaududi Pulungan.

    Lebih dari sekadar menghadirkan solusi-solusi teknis, mahasiswa Tel-U juga memperluas wawasan mereka tentang realitas sosial yang ada di desa-desa.

    KKN ini fokus pada lima indikator utama seperti eliminasi stunting dan pengembangan produk unggulan desa.  PTMGRMD berhasil menciptakan lingkungan belajar yang berarti bagi kedua belah pihak: mahasiswa dan masyarakat setempat.

    Menandai penutupan program pada 15 Juni 2024, Tel-U memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam menjalankan PTMGRMD tahun ini.

    Komitmen mereka untuk terus mendukung inisiatif-inisiatif yang memperkuat peran perguruan tinggi dalam pembangunan masyarakat terbukti menjadi langkah konkret dalam mewujudkan visi keberlanjutan dan inklusi sosial.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img