spot_img
Kamis 4 Juli 2024
spot_img
More

    Bawaslu Kota Tasikmalaya Tekankan Pengawasan Riang Gembira

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Bawaslu Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengawasan untuk menghadapi Pilkada 27 November 2024.

    Salah satunya dengan melakukan penguatan kapasitas SDM Panwascam bertempat di Grand Metro Hotel, Jalan Hazet Mustafa Cihideung, Selasa (2/7/2024).

    BACA JUGA:

    1 Keluarga di Ciamis Ngungsi Diteror Macan Tutul

    Acara tersebut dibuka Koordinator Divisi SDM dan Diklat Bawaslu Kota Tasikmalaya, Tedi Saepudin.

    Hadir pada kesempatan itu, Koordinator Sekretariat Bawaslu Hadi Kresnadianto, Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Djoko Narendro, Ketua dan Anggota Panwascam.

    Kordiv SDM dan Diklat Bawaslu Kota Tasikmalaya, Tedi Saepudin mengatakan, penguatan SDM para tenaga pengawas di tingkat kecamatan sangat penting,

    Hal itu sebagai bentuk tanggung jawab dalam melakukan pengawasan terhadap Pilkada.

    “Saat ini, tahapan Pilkada Kota Tasikmalaya sudah mulai. Semua tahapan perlu dilakukan pengawasan agar prosesnya berjalan lancar dan sesuai harapan bersama,” ungkap Tedi.

    Menurut Dia, penguatan SDM Panwascam sebagai bentuk upaya kita untuk memaksimalkan fungsi-fungsi pengawasan di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

    BACA JUGA:

    ASN Garut Tandatangani Pakta Integritas Tolak Judi Online

    “Tenaga-tenaga Panwascam perlu ditingkatkan dan dioptimalkan melalui pembinaan dan diklat. Dengan begitu, kemampuan dalam menjalankan tugas pengawasan bisa lebih maksimal,” ujarnya.

    “Ilmu pengawasan mereka harus terus diupgrade agar mampu melakukan pengawasan secara benar, baik dan profesional,” Tedi menambahkan.

    Tedi menuturkan, tensi politik Pilkada Kota Tasikmalaya diprediksi akan memanas Sehingga perlu dilakukan upaya-upaya agar suasana tetap adem ayem dan nyaman.

    “Kita mau teman-teman Panwascam segera melakukan pemetaan atau identifikasi kerawanan Pilkada. Sehingga bisa diantisipasi dan diminimalisir dampaknya,” ungkap Dia.

    BACA JUGA:

    Ini Alasan Ivan Dichsan Hasannudin Ajukan CLTN

    Pihaknya berpesan, pengawasan yang dilakukan Panwascam jangan sampai membuat tensi politik semakin tinggi dan memanas.

    “Lakukan pengawasan dengan baik, riang gembira, humanis dan humoris. Sehingga kondisi proses tahapan demi tahapan Pilkada tetap sejuk dan kondusif,” tutupnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img