spot_img
Minggu 30 Juni 2024
spot_img
More

    Bulan Sadar Pajak, Penerimaan PKB Meningkat 13 Persen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penerimaan pajak kendaraan bermotor pada program Bulan Sadar Pajak yang digagas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar meningkat.

    Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik mengatakan ada peningkatan signifikan dari rata-rata harian penerimaan pendapatan daerah dari PKB dan denda PKB.

    “Penerimaan rata-rata harian dari PKB itu naik 13 persen dibandingkan sebelum ada program (Bulan Sadar Pajak). Lalu, dari penerimaan rata-rata harian dari denda PKB ini meningkat 45,06 persen,” kata Dedi, Jumat (28/6/2024).

    BACA JUGA: Bapenda Pangandaran Sebut Ada Perubahan Mekanisme Pajak Hotel dan Restoran

    Program yang berlangsung sejak awal Juni ini membuat rata-rata penerimaan harian dari PKB mencapai Rp 35,98 miliar. Sebelum program Bulan Sadar Pajak, rata-rata penerimaan harian di angka Rp 31,79 miliar

    Ditinjau dari sisi penerimaan bersumber denda PKB, rata-rata penerimaan harian mencapai Rp 2,14 miliar. Sebelum program Bulan Sadar Pajak, nilai rata-rata di angka Rp 1,48 miliar.

    “Konsep besar dari program Bulan Sadar Pajak ini adalah meningkatkan kualitas layanan disertai tindakan tegas bagi wajib pajak yang tidak taat,” kata dia.

    Peningkatan layanan dimulai dari memaksimalkan pembayaran berbasis daring melalui aplikasi, pemberian diskon, menambah jam operasional di kantor, mendatangi tempat umum hingga menyosialisasikan pentingnya pajak bagi pembangunan daerah di sektor krusial seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

    “Sedangkan tindakan tegas dilakukan bersama instansi terkait seperti polisi dengan melaksanakan operasi gabungan (Opsgab) di berbagai titik,” kata dia.

    BACA JUGA: Bulan Sadar Pajak, Bapenda Jabar Berikan Ekstra Layanan untuk Masyarakat

    Dedi berharap, kesadaran masyarakat terus meningkat. Upaya Bapenda Jabar adalah memberikan kemudahan dan fleksibilitas layanan kepada wajib pajak saat ingin membayar pajak.

    “Penyelenggaraan program ini berlangsung sampai akhir Juni. Nanti kami akan evaluasi untuk merumuskan lagi program berkaitan dengan pajak, sepertinya opsgab pemeriksaan pajak akan berlanjut setiap bulan,” katanya.

    Berita Terbaru

    spot_img