spot_img
Sabtu 29 Juni 2024
spot_img
More

    Wisuda Mahasiswa Unsil Tasikmalaya, Rektor: Jadilah Lulusan yang Berjiwa Kreatif dan Inovatif

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, kembali mewisuda ratusan lulusan terbaik periode IV tahun akademik 2023/2024 dari program Diploma (D3), Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2).

    Diantaranya, Program Diploma (D3), 26 lulusan, Sarjana FKIP 192 lulusan, Sarjana FEB 162 lulusan, Sarjana FP 54 lulusan, Sarjana FT 59 lulusan, Sarjana FAI 43 lulusan, Sarjana FIK 30 lulusan, Sarjana 

    FISIP 18 lulusan, Program Magister 29 lulusan, dan Program Pendidikan Profesi Guru (PPPG) 355 lukisan.

    Prosesi wisuda digelar di Gedung Mandala Kampus Universitas Siliwangi (Unsil), jalan Siliwangi Nomor 24 Tawang Kota Tasikmalaya Rabu (26/06/24), yang dihadiri Rektor Unsil Nundang Buseari, para Warek, Dekan dan para senat.

    Baca Juga: Plh Wali Kota Tasikmalaya Minta Penyaluran Pupuk Dan Pestisida Bersubsidi Berdasarkan 6 Prinsip Tepat

    Ratusan orangtua serta keluarga wisudawan pun turut hadir dengan memadati Gedung Mandala Unsil. Untuk menyaksikan prosesi wisuda para mahasiswa terbaik usai menempuh perkuliahan di kampus Unsil Tasikmalaya.

    Rektor Universitas Siliwangi Tasikmalaya Nundang Buseari mengatakan, wisuda hari ini bukan selesailah menuntut ilmu, namun awal untuk mengimplementasikan ilmu di lingkungan masyarakat.

    “Wisuda bukanlah sebuah akhir perjalanan akademik dari seorang mahasiswa. Tapi hal terpenting bagaimana keilmuan selama menempuh perkuliahan di kampus, mampu bermanfaat. Untuk kepentingan masyarakat,” ungkap Rektor Unsil Tasikmalaya Nundang Buseari Rabu (26/06/24).

    Wisuda Mahasiswa Terbaik Unsil Tasikmalaya

    Ia menjelaskan, lulusan-lulusan Unsil yang Wisuda hari ini, merupakan lulusan terbaik. Mereka orang-orang pilihan sehingga, setelah kembali ke Masyarakat harus mampu memberikan perubahan.

    “Anak-anakku, kalian generasi penerus bangsa. Kalian anak panah Unsil yang dilesatkan ke masyarakat dengan harapan, mampu menebar nilai-nilai kebaikan. Serta berkontribusi dalam membuat dampak perubahan positif di lingkungan masyarakat,”ujarnya.

    “Saya berharap, seluruh lulusan Unsil terus belajar, berkarya dan mampu berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,”pintanya.

    Menurut ia, lulusan Unsil memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata. Baik di bidang pendidikan, sosial, ekonomi,  maupun enterpreneur. Sehingga, setelah lulus harapannya mampu menciptakan peluang-peluang usaha.

    “Saat ini, tantangan kedepannya semankin berat dan kompetitif. Perekonomian global tidak menentu, lapangan pekerjaan semakin sulit. Sehingga, membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan yang berorientasi pada penciptaan lapangan pekerjaan bukan berorientasi mencari pekerjaan ke sana kemari,”imbuhnya.

    Nundang juga menuturkan, bahwa saat ini pada era perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan digitalisasi membutuhkan SDM yang mampu bersaing dan kompeten.

    “Saat ini, kita butuh manusia-manusia unggul memiliki jiwa enterpreneur yang lebih kreatif dan inovatif. Dalam menghadapi perubahan zaman, mereka ini senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai kemajuan dan perkembangan zaman. Dalam semua aspek profesi karena selalu adaptif,”paparnya.

    lebih lanjut ia menambahkan, Unsil Tasikmalaya saat ini sedang mempersiapkan diri untuk membuka jurusan baru yakni prodi kedokteran.

    “Saat ini kita sudah mempersiapkan diri dengan menyiapkan sejumlah persyaratan dan prosedur. Kita telah mengusulkannya ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI, untuk mendapatkan persetujuan pembukaan fakultas kedokteran Unsil,”terangnya.

    “Mudah-mudahan surat persetujuan dari Kemdikbudristek bisa keluar tahun ini. Sehingga, target kita, tahun depan (2025) sudah bisa menerima mahasiswa jurusan kedokteran Unsil,” pungkasnya.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img