spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Pj Bupati Garut Pimpin Penanaman Pohon Serentak

    GARUT,FOKUSJabar.id: Pj Bupati Garut Jawa Barat (Jabar), Barnas Adjidin pimpin penanaman ohon serentak di Embung Desa Padaawas Kecamatan Pasirwangi, Jumat (14/6/2024).

    Penanaman pohon tersebut dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

    BACA JUGA:

    Pencalonan Dudung Sudiana di Pilkada Garut, Ini Kata Ceng Mimin

    Pj Bupati Garut menekankan pentingnya menjaga kelestarian alam. Untuk itu, Dia mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

    Berdasarkan laporan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), hingga kini masih banyak lahan kritis yang memerlukan perhatian serius.

    “Harus ada langkah-langkah yang jelas dan tegas untuk memulihkan lahan-lahan kritis. Dengan begitu, bisa berfungsi seperti lahan lainnya,” kata Barnas.

    Menurutnya, Pemda tidak bisa bekerja sendiri. Artinya perlu keterlibatan masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon di lahan-lahan kritis.

    Dia juga mengingatkan pentingnya memelihara pohon yang ada saat ini untuk masa depan yang lebih baik.

    Barnas berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Bahkan setiap triwulan untuk memastikan lingkungan yang sehat bagi masyarakat.

    BACA JUGA:

    Pj Bupati Garut: Kades Harus Bersanding dengan BPD

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, Jujun Juansyah mengungkapkan, kegiatan tersebut menunjukkan kepedulian dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

    Gerakan yang diusung, “1 ASN 1 Pohon.” Sehingga terkumpul 5.000 bibit pohon untuk ditanam.

    “Alhamdulilah kita bisa mengumpulkan hampir 5000 pohon. Itu  tidak dihitung dengan yang sudah dikumpulkan di setiap kecamatan,” ucapnya.

    Kegiatan penanaman pohon serentak dilaksanakan di beberapa wilayah. Hal itu sebagai respon terhadap banyaknya bencana alam yang terjadi.

    “Saya yakin kalau kita mengabdikan diri dalam menjaga alam, maka alam akan menjaga kita. Dan salah satunya adalah dengan membuat atau melakukan penanaman pohon,” ungkapnya.

    (Tisna Wibawa/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img