spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Persiden Jokowi Beli Tiga Sapi Qurban dari Peternak di Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUAJabar.id: Tiga ekor sapi milik peternak di Kota Bandung terpilih menjadi salah satu hewan qurban Presiden Jokowi tahun ini. Sapi jenis simental dan limosin tersebut mempunyai bobot sekitar 1,2 ton dan dipilih melalui seleksi yang ketat hingga dinyatakan layak.

    “Setelah kita mengajukan dan melalui berbagai proses seleksi itu termasuk kemarin terakhir pengecekan kesehatan bisa lolos menjadi hewan kurban presiden,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung Wilsandi Saefullah di Balai Kota Jalan Wastukencana Kota Bandung Jabar Rabu (13/6/2024).

    Baca Juga: Jelang Idul Adha, DKPP Kota Bandung Telah Periksa 11.000 Hewan Qurban

    Sapi yang diminati Presiden tersebut merupakan milik peternak bernama Vandry Dwitama asal Cibiru Kota Bandung. Ketiganya bernama nama Ganesha, Ragasa dan Gerengseng.

    Ketiganya memiliki berat secara rinci sebesar masing-masing 1.103 kg, 1.130 kg dan 1.188 kg dengan harga Rp100 juta.

    Ketiga sapi tersebut telah melalui proses seleksi mulai dari proses penjaringan dari level provinsi lalu pemeriksaan tim Kepresidenan mulai pemeriksaan tinggi badan, lingkar badan sampai pemeriksaan darah untuk diuji di laboratorium.

    “Tentunya ini sebuah kebanggaan karena sapi dari peternak asal Kota Bandung terpilih Presiden untuk dijadikan hewan qurban,”ungkapnya.

    Terpilihnya sapi asal Kota Bandung menjadi sapi kurban presiden bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, tahun 2022 dan 2023 terpilih juga sapi sebanyak 1 ekor.

    Nantinya, penyembelihan ketiga sapi tersebut pelaksanaannya di Istana Cipanas, Masjid Istiqlal, dan Masjid Raya Al Jabbar.

    (Yusuf Mugni/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img