spot_img
Rabu 26 Juni 2024
spot_img
More

    Sekda Kota Tasikmalaya Minta Satlinmas Sukseskan Pilkada

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Ribuan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) ikut pembekalan serta pembinaan tupoksi menghadapi Pilkada Serentak 2024.

    Pembekalan tersebut dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dichsan Hasannudin di Aula Balekota Tasikmalaya, Selasa (11/6/2024).

    Sekda didampingi Asisten Pembangunan dan Kemasyarakatan serta Kepala Satpol PP Kota Tasikmalaya, Iwan Kurniawan.

    BACA JUGA:

    CV Cahaya Tasikmalaya Segera Rilis 2 Judul Buku Pelajaran

    Ivan Dichsan mengatakan, Linmas memiliki peran penting dalam membantu Pemda untuk mewujudkan ketenteraman dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

    “Mereka merupakan garda terdepan untuk menjaga keamanan, ketenteraman dan ketertiban. Karenaya harus dibekali pemahaman, pengetahuan dan keilmuan dalam menjalankan tupoksinya,” kata Ivan Dichsan Hasannudin.

    Ia menjelaskan, pembekalan dan pelatihan keilmuan Satlinmas sangat penting.

    “Mereka selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga mereka sudah harus siap dalam menjalankan tupoksinya menjaga kondusivitas lingkungan,” ujarnya.

    Terlebih, Kota Tasikmalaya saat ini akan menghadapi Pilkada. Sehingga Satlinmas sangat diharapkan mampu menjaga sekaligus menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

    BACA JUGA:

    Ini Lokasi dan Alasan Parkir di Obwis Pangandaran Dikelola Pihak Ketiga

    “Menghadapi Pilkada Kota Tasikmalaya November mendatang, saya harapkan peran Linmas lebih ditingkatkan. Pasalnya, selain menjaga ketenteraman dan ketertiban di masyarakat juga memiliki peran strategis untuk menyukseskan pelaksanaannya dengan tetap menjaga kondusivitas,” katanya.

    Kepala Satpol PP Kota Tasikmalaya, Iwan Kurniawan mengungkapkan, akan menurunkan ribuan tenaga-tenaga Linmas untuk menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS).

    “Data dari KPU Kota Tasikmalaya, jumlah TPS pada Pelaksanaan Pilkada tahun 2024 sebanyak 984. Kita tugaskan setiap TPS masing-masing 2 orang. Sehingga kami turunkan 1.968 personel,” ujarnya.

    Iwan Kurniawan menegaskan, peran Linmas di setiap TPS melaksanakan ketertiban, ketenteraman dan keamanan.

    “Saya ingin Satlinmas ikut berperan aktif dalam menjaga dan mengawal sekaligus menyukseskan pelaksanaan Pilkada Kota Tasikmalaya,” katanya.

    (Seda/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img