spot_img
Rabu 26 Juni 2024
spot_img
More

    Ada Ikatan Kerabat Dengan R.A Wiranatakusumah II, Kang Arfi Ziarah Ke Makam Leluhur Pendiri Bandung

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Bakal Calon Wali Kota Bandung Arfi Rafnialdi berziarah ke makam pendiri Kota Bandung, R.A Wiranatakusumah II di Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Selasa (11/6/2024).

    Selain itu, Kang Arfi juga berziarah ke makam kakek neneknya yang tepat berada dibelakang makam R.A Wiranatakusumah II.

    Perwakilan keluarga R.A Wiranatakusumah II Robby Maulana Zulkarnain menyampaikan, Kang Arfi secara garis keturunan punya ikatan saudara dengan keluarga R.A Wiranatakusumah II.

    “Jadi ini makam pendiri Bandung Wiranatakusumah II. Saya mendampingi Kang Arfi karena ternyata sama-sama satu keturunan. Kang Arfi dari Prawiradilaga saya dari Wiranatakusumah,” kata Robby di lokasi.

    Baca Juga: Jadi Barometer Sepakbola, Arfi Rafnialdi: Persib Perlu Perhatian Khusus dari Pemkot Bandung

    Robby menyebut, ziarah ini sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang telah berjuang untuk Kota Bandung.

    “Jadi hari ini kami berziarah minta izin dan karomah. Apalagi Kang Arfi berniat memimpin Kota Bandung jadi jangan melupakan sejarah. Dalam istilah sunda kuno disebut Hana nguni hana mangke, tan hana nguni tan hana mangke. Artinya, ada dahulu ada sekarang, tak ada dahulu tak ada pula sekarang. Jadi tak perlu diragukan lagi asal-usul Kang Arfi,”ucapnya.

    Pada kesempatan yang sama, Kang Arfi mengaku sering berziarah ke makam Dalemkaum karena keberadaan makam kakek neneknya dari garis ibu yakni R.d Didi Tarmidi Bin Soeradiredja dan Hj R.d Retnawiadi Bin Ramli Prawiradilaga.

    Menurutnya, berziarah ke makam leluhur Kota Bandung selalu membawa semangat baru dalam upaya membuat kualitas hidup masyarakat lebih baik.

    Baca Juga: Serahkan Berkas Persyaratan Cawalkot ke Partai Demokrat, Ketua DPC Sebut Arfi Rafnialdi Punya Kapasitas Pimpin Kota Bandung

    “Ini makam keluarga pendiri Bandung. Kalau saya rutin sebetulnya karena biasanya idul fitri nyekar karena ada kakek nenek dari garis ibu saya. Alhamdulillah masih bisa berziarah kepada para leluhur kami dan pendiri Kota Bandung yang sudah menitipkan energi positif menyejahterakan masyarakat yang menjadikan semangat kita hari ini untuk terus bergerak,”ungkapnya.

    Kang Arfi menyebut, berziarah merupakan pengingat keputusan hidup yang diambil hari ini akan berdampak terhadap masa depan.

    “Mungkin banyak anak muda yang kurang paham bahwa keberadaan kita sekarang karena jasa para leluhur kita dan keberadaan kita hari ini akan berdampak terhadap anak cucu kita ke depan. Sebetulnya kegiatan hari ini difasilitasi Kang Robby untuk menyambungkan ikatan silaturahim dan spiritual dengan para leluhur mudah-mudahan kita bisa melanjutkan perjuangan beliau,” jelasnya.

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img