spot_img
Sabtu 22 Juni 2024
spot_img
More

    Dibawah Kepemimpinan Airlangga, Partai Golkar Kuasai 18 Persen Kursi DPR RI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Partai Golkar memastikan menguasai 18 persen kursi DPR RI setelah mengamankan 102 kursi di Pemilu 2024. Kepastian tersebut muncul setelah seluruh tahapan Pemilu 2024 tuntas pada Kamis (6/6/2024) dengan selesainya gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

    Wakil Ketua Umum Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung menuturkan, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto berhasil membawa partai berlambang pohon beringin menguasai 102 kursi DPR RI. Artinya, Golkar berhasil menguasai 18 persen jumlah kursi wakil rakyat di kompleks parlemen Senayan.

    “Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Ketum Airlangga, Golkar menguasai 18 persen atau mendapatkan 102 kursi DPR dari seluruh kursi yang diperebutkan. Angka ini fantastis karena perolehan kursi Golkar naik 17 kursi dibandingkan Pemilu 2019,” kata Doli saat dihubungi wartawan, Minggu (9/6/2024).

    Melejitnya perolehan kursi DPR RI dari partai berlambang pohon beringin di angka 102, lanjut Doli, dilengkapi dengan kemenangan dua putra-putri terbaik Partai Golkar di sidang gugatan PHPU MK. Dua kader tersebut yakni caleg dari daerah pemilihan Jawa Barat I Nurul Arifin dan caleg dapil Papua Tengah Soedeson Tandra yang memastikan diri melenggang ke Senayan setelah berhasil memenangkan sengketa di dapilnya masing-masing.

    “Ibu Nurul dan Soedeson Tandra menjadi kader yang gigih memperjuangkan kemenangan Golkar di PHPU MK. Keduanya putra-putri terbaik Partai Golkar yang telah melengkapi jumlah perolehan kursi DPR RI menjadi 102,” Doli menambahkan.

    Doli yang juga Plt Ketua DPD Golkar Papua ini menyebut perolehan kursi Golkar di DPR RI menunjukkan jika masyarakat menerima dan menyetujui sikap serta kebijakan Partai Golkar selama Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, Golkar konsisten mengamankan kebijakan strategis Presiden Jokowi dan berkomitmen menjaga keberlanjutan dengan mendukung penuh pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

    fokusjabar.id Partai Golkar Airlangga
    Airlangga Hartarto bersama Presiden Joko Widodo. (FOTO: WEB)

    Tak hanya menguasai 18 persen kursi DPR RI, Partai Golkar pun merajai perolehan kursi di tingkat provinsi sebagai partai terbanyak yang mendapatkan kursi DPRD Provinsi. Naik 50 kursi menjadi 359 kursi dari sebelumnya hanya 309 di Pemilu 2019 serta mendominasi perolehan pimpinan DPRD tingkat provinsi di seluruh Indonesia.

    Raihan kursi Golkar di tingkat provinsi diikuti perolehan kursi DPRD di tingkat kabupaten dan kota. Golkar mengamankan 2.521 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia.

    “Jumlah ini setara dengan 14,4 persen dari total 17.510 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia,” kata Doli.

    Partai Golkar dibawah kepemimpinan Airlangga Hartarto pun berhasil mengantarkan 120 kader Golkar menduduki kursi ketua DPRD. Kemudian 220 kursi wakil ketua DPRD kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

    “Jumlah ini pun ada kenaikan jumlah perolehan kursi DPRD kabupaten/kota dari Partai Golkar sebanyak 99 kursi atau 4 persen dibandingkan Pemilu 2019 lalu sebanyak 2.422 kursi,” Doli menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img