spot_img
Kamis 27 Juni 2024
spot_img
More

    Plh. Wali Kota Tasikmalaya Minta Notaris Jaga Integritas Dan Profesionalisme Kerja

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pengurus Daerah (PD) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kota Tasikmalaya, diminta dalam setiap melaksanakan tugas melayani masyarakat, tetap mengedepankan dan menjaga kode etik profesi dan bekerja dengan profesional dan proporsional.

    Hal itu disampaikan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Tasikmalaya Yudha Mathilda Amaluddin, saat membacakan sambutan Plh. Wali Kota Tasikmalaya, dalam acara Pelantikan Pengurus INI Kota Tasikmalaya Periode 2024 di Aula Utama Kantor Balekota Tasikmalaya Rabu (05/05/24).

    Ia menjelaskan, Notaris ini memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan kepastian hukum dan perlindungan bagi masyarakat sehingga menjadi profesi yang sangat mulia. 

    “Notaris tidak hanya bekerja untuk dirinya sendiri. Dia juga erat hubungannya dengan kemanusiaan. Ketika akta dari notaris menjadi legalitas dan kekuatan hukum terhadap harta benda, status, termasuk hak dan kewajiban bagi setiap individu sehingga, notaris sangat dibutuhkan masyarakat,”ungkap Yudha Mathilda. 

    Ia pun berharap, dalam menjalankan profesi notaris, harus senantiasa memegang teguh prinsip taat hukum. Menjunjung tinggi prinsip taat hukum agar rancangan produk tidak bertentangan dengan aturan hukum. 

    “Kami sangat menghargai sinergitas antara pemerintah daerah dengan INI Kota Tasikmalaya selama ini. Sehingga, terciptanya iklim hukum yang kondusif dan menjamin kepastian hukum untuk masyarakat,”imbuhnya. 

    Komitmen Notaris Kota Tasikmalaya

    Sementara Ketua INI Kota Tasikmalaya Sonny Sonatha Indrasena mengungkapkan notaris akan berkomitmen penuh memegang prinsip-prinsip hukum. Dalam melayani masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum terhadap hak dan kewajibannya. 

    “Dasar hukum menjadi pondasi utama notaris dalam menjalankan profesi. Agar, produk-produk hukum untuk masyarakat kemudian hari tidak bertentangan dengan hukum sehingga, memberikan rasa nyaman dan aman semuanya,”ujarnya. 

    “Di Kota Tasikmalaya alhamdulilah, sejauh ini tidak masalah sengketa akte tanah. Tidak begitu banyak, relatif landai dan terselesaikan dengan cepat dan benar,”ujarnya. 

    Sonny pun mengaku setelah pelantikan, Ia akan melakukan konsolidasi internal untuk memperkuat roda organisasi INI untuk kepengurusan kedepan. 

    “Kita akan memperkuat kelembagaan dan membangun komitmen bersama. Bersama seluruh anggota untuk mewujudkan visi misi dan program-program kerja organisasi kedepan. Anggota harus turut serta dan aktif dalam roda keberlangsungan organisasi sehingga harus saling bersinergi,”tandasnya.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img