spot_img
Rabu 3 Juli 2024
spot_img
More

    Kabupaten Pangandaran Akan Bangun Sentra Industri Hasil Tembakau

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pemerintah kabupaten Pangandaran, Jawa Barat berencana akan membangun Sentra Industri Hasil Tembakau (SIHT).

    Menurut Kepala dinas perdagangan dan koperasi UMKM, Tedi Garnida menyebut, kualitas harga jual tembakau pangandaran jauh diatas rata-rata harga nasional.

    “Harga rata-rata nasional Rp 7.000 per kilo, di kita (Pangandaran) sudah Rp 25 – 10 ribu. Tapi ada juga yg Rp 7 ribu,” kata Tedi usai acara sosialisasi SIHT di aula hotel krisna Senin, (4/6/2024).

    BACA JUGA: Ketua Gerindra Pangandaran Didorong Kadernya Maju Sebagai Calon Bupati 

    Melihat potensi tersebut, pihaknya harus memberi legalitas bagi para petani tembakau supaya para petani merasa terlindungi. 

    Pasalnya, tembakau adalah barang terkena cukai yang harus sesuai dengan aturan. Sementara itu, jika mendaftar di OSS untuk mendapatkan NIB harus memiliki gudang yang tidak sembarang. 

    “Nah, kita pemerintah bekerja sama dengan provinsi dan kementerian berusaha untuk membangun sentra industri,” ungkapnya. 

    Tedi menjelaskan, di gudang sentra tersebut memiliki fasilitas lengkap diantaranya, tempat pengolahan dan penyimpanan. 

    Wakil Bupat pangandaran, Ujang Endin Indrawan menyebut, di wilayah kabupaten Pangandaran memiliki lahan seluas 83 hektare, namun baru 30 hektare yang ditanami tembakau. 

    BACA JUGA: Warga Sukaresik Desak Polres Pangandaran Usut Dugaan Korupsi DD Rp725 Juta

    Ia juga mengakui, kualitas tembakau dari pangandaran sangat bagus dan memiliki cita rasa yang lebih enak. 

    “Nah untuk strategi pemasaran, nanti akan dibikin sentra industri. Diharapkan nantinya menjadi tempat penjualan atau pasar di Jawa Barat,” kata dia. 

    (Sajidin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img