spot_img
Selasa 2 Juli 2024
spot_img
More

    Miliki Sejumlah Modal, Taufik Hidayat Berpeluang Maju di Pilgub Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar: Mantan pebulutangkis nasional Taufik Hidayat memiliki peluang besar untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024 mendatang. 

    Taufik Hidayat yang kini berlabuh di Partai Gerindra dinilai cukup memiliki modal untuk maju sebagai calon Gubernur (Cagub).

    Selain memiliki segudang prestasi di dunia olahraga, Ia juga populer di kalangan masyarakat serta merupakan kelahiran Jabar. 

    Peluang menjadi Cagub Jabar sangat besar karena hingga saat ini Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto belum mengumumkan tokoh yang akan diusungnya sebagai Cagub Jabar mendatang. 

    BACA JUGA: Sambangi Kantor DPD Golkar, Nahdliyin Muda Usulkan Pasangan Rido di Pilgub Jabar 2024

    Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin menilai bahwa Taufik Hidayat memiliki modal cukup besar dalam mengarungi kontestasi Pilgub Jabar 2024. Salah satunya popularitasnya yang tinggi. 

    “Sebagai mantan atlet dunia, Taufik Hidayat mempunyai popularitas yang cukup tinggi di masyarakat,” kata Ujang saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin (3/6/2024). 

    Taufik Hidayat dinilai memiliki aksepbilitas yang cukup baik. Menurutnya, Taufik Hidayat yang selama ini dikenal sebagai atlet bulutangkis dunia dan berprestasi akan lebih mudah diterima oleh masyarakat. Terlebih, Taufik Hidayat pun terkenal sebagai personal yang baik. 

    “Aksepbilitas ini juga menjadi penting. Masyarakat dan politik akan menerima sosok calon pemimpin yang menurut mereka baik, apalagi prestasinya sudah level dunia,” ucapnya.

    Meski begitu, jika memang benar berniat maju Pilgub Jabar 2024, Taufik Hidayat disarankan mulai menggalang dukungan masyarakat, agar elektabilitas terkerek.

    Pasalnya, selain popularitas dan aksepbilitas, elektabilitas lah yang akan menjadi penentu kemenangan. 

    “Harus mulai banyak terjun ke masyarakat, galang dukungan, agar elektabilitasnya terkerek,” kata dia. 

    BACA JUGA: Ke Gedung Sate, Demokrat Tanyakan Kesediaan Bey Maju di Pilgub Jabar 2024

    Lebih lanjut Ujang juga menyebut bahwa seorang calon kepala daerah tidak hanya cukup punya modal popularitas, aksepbilitas, dan elektabilitas belaka. Hal tak kalah penting yakni modal materi yang disebutnya sebagai ‘isi tas’. 

    “Artinya popularitas atau keterkenalan, aksebilitas atau penerimaan daripada politik dan publik, elektabilitas atau keterpilihan, dan tentunya isi tas atau uang yang banyak,” beber Ujang. 

    Maka dari itu, Ujang menegaskan bahwa Taufik Hidayat sudah memiliki sebagian modal politik jika ingin bertarung di Pilgub Jabar 2024.

    “Jadi kalau Taufik ingin maju, harus ada tiga hal plus satu itu tadi yang harus dia miliki dan sebagian indikatornya sudah dia miliki,” kata dia.

    Berita Terbaru

    spot_img