spot_img
Senin 1 Juli 2024
spot_img
More

    KKN Unigal, Pj Bupati Ciamis Minta Mahasiswa Empati Terhadap Masalah Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, secara resmi melepas 496 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Galuh Ciamis (Unigal) untuk periode pertama tahun akademik 2023-2024. Acara pelepasan tersebut berlangsung di halaman Pendopo Ciamis, Kamis (30/5/2024). 

    “Tema yang diangkat dalam pelaksanaan KKN kali ini adalah ‘Peningkatan Kapasitas Masyarakat melalui Pemanfaatan Lingkungan dan Budaya’, dengan harapan mahasiswa dapat memberikan ide dan gagasan inovatif guna pembangunan masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di daerah,” ujar Pj. Bupati Ciamis saat membuka acara. 

    Engkus, yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), memberikan amanat kepada seluruh peserta KKN agar dapat turut serta dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. 

    BACA JUGA: Pemkab Ciamis Atur Strategi Penurunan Stunting Tahun 2024

    Kemudian, dia juga menekankan pentingnya pendekatan kolaborasi Pentahelix dalam mengidentifikasi serta memecahkan masalah yang ada di masyarakat, dengan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan.

    “Saya mengimbau agar mahasiswa meningkatkan kepedulian dan empati terhadap permasalahan masyarakat. Saya berharap melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam proses pembangunan masyarakat,” kata dia.

    Dalam kesempatan tersebut, Engkus juga menyampaikan terima kasih kepada Universitas Galuh atas partisipasinya dalam melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Ciamis.

    Sementara itu, Wakil Rektor 1 Universitas Galuh, Dr. drh. Agus Yuniawan Isyanto, menyampaikan bahwa KKN akan dilaksanakan di 22 desa yang terletak di dua kecamatan, yaitu Cijeungjing dan Cisaga. 

    BACA JUGA: Permudah Bayar Pajak, P3DW/Samsat Ciamis Gelar Sosialisasi Sardencis “Simpel Dahsyat”

    “Para mahasiswa KKN periode pertama tahun akademik 2023/2024 dijadwalkan akan melaksanakan kegiatan KKN mulai tanggal 30 Mei hingga 20 Juni 2024,” jelasnya.

    Dr. Agus juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis atas penerimaan yang baik terhadap para peserta KKN, baik dalam acara pelepasan maupun selama kegiatan di daerah nanti.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img