spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Diskar PB Mencatat Januari-April 2024, Bencana Alam di Kota Bandung Didominasi Banjir dan Longsor

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Kebakaran Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat ada belasan bencana terjadi di Kota Bandung sejak Januari hingga April 2024. Paling sering terjadi yaitu banjir dan longsor.

    “Untuk longsor itu ada enam titik, banjir juga enam titik. Sementara pergeseran tanah atau tanah amblas ada tiga titik, pohon tumbang dua titik, kirmir roboh dan ada tiga titik Angin puting beliung, ada satu titik terjadi. Ini data dari Januari sampai April, per hari ini,” kata Kepala Seksi Darurat Logistik Diskar PB Kota Bandung Roby Rabu (24/4/2024).

    Roby menyebut, bencana longsor seringkali melanda daerah Bandung Utara. Seperti halnya di daerah Kecamatan Coblong, Cidadap, Cibeunying Kaler, lalu Mandalajati.

    BACA JUGA: HUT ke-74 Satpol PP ,Plh Sekda Kota Bandung: Harus Gercep Meredam Konflik dengan Pendekatan Humanis

    Sementara bencana banjir seringkali melanda wilayah sekitar Gedebage, Bandung Wetan, Braga, hingga Cibeunying Kaler. Penyebabnya yakni akibat debit curah hujan yang cukup tinggi.

    “Menyebabkan aliran sungai juga naik dan kalau untuk longsor itu kejenuhan tanah juga meningkat. Maka untuk longsor, masyarakat harus bisa mengantisipasi,” ucapnya.

    BACA JUGA: Pj Wali Kota Bandung Lepas 2.517 Calon Jemaah Haji

    Angka tersebut, kata Roby lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tahun 2023. Dapat terlihat penyebabnya, yakni berkenaan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

    “Hujan 2024 itu lebih tinggi, terus lebih panjang juga. Mudah-mudahan di akhir tahun tahun juga tidak terlalu tinggi, karena Kota Bandung rawan banyak bencana karena hidrometeorologi,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img