spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Menuju Pelayanan Prima, Pj Wali Kota Tasikmalaya Luncurkan Panggilan Cepat 112

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus melakukan inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan meluncurkan layanan call center Gerak Cepat (GeCe) 112.

    Launching GeCe 112 langsung dilakukan di halaman Kantor Balekota Tasikmalaya, dengan menggelar Apel Gabungan, kemudian dilakukan penekanan tombol sirine oleh Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, tanda dimulainya launching penggunaan cal center GeCe 112 Kota Tasikmalaya.

    BACA JUGA: Siti Mufattahah Ajak Masyarakat Rajut Persatuan di Bulan Ramadhan

    Proses Launching GeCe 112 langsung Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, dan di hadiri Direktorat Pengembangan Pitalebar Kementerian Komunikasi Dan Informasi Republik Indonesia Agung Setio Utomo, Kapolres Tasikmalaya Kota, Danlanud Wiriadinata Tasikmalaya.

    Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, launching Call Center Gerak Cepat 112 sebagai upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk meningkatkan pelayanan sekaligus mendekatkan Pemerintah dengan masyarakat.

    “Call center GeCe 112 ini, akan mempercepat pemerintah dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat Kota Tasikmalaya,”ungkap Cheka Virgowansyah Selasa (19/03/24).

    Ia menjelaskan, masyarakat yang mau mendapatkan layanan atau menyampaikan keluhannya terhadap pemerintah, tinggal menghubungi Call Center 112.

    BACA JUGA: Sekda Kota Tasik: Perawat Berkontribusi Tingkatkan Kesehatan

    “Apa pun yang disampaikan masyarakat melalui Call Center 112, segera direspon cepat, ini sesuai namanya Gerak Cepat (GeCe), keluhan masalah bencana, kriminal, kesehatan, persampahan maupun masalah sosial lainnya, segera mendapatkan pelayanan dari pemerintah,”jelasnya.

    Ditambahkan, kalau di Amerika Serikat punya Call Center 991, nah di Kota Tasikmalaya sekarang juga punya nomor tunggal 112 yang mempermudah masyarakat untuk melaporkan atau menginformasikan sesuatu yang terjadi agar segera ditindaklanjuti.

    “Nomor tunggal Call Center 112, akan terkoneksi dengan nomor-nomor layanan publik lainnya yang sudah ada saat ini sehingga memberikan pelayanan publik yang responsif dan terukur dengan akses yang lebih muda tanpa pulsa maupun kuota,”ujar Cheka.

    Sementara Direktorat Pengembangan Pitalebar Kementerian Kominfo RI Agung Setio Utomo mengapresiasi kesiapan Pemkot Tasikmalaya yang telah meluncurkan nomor tunggal pelayanan Call Center 112.

    “Call center darurat 112 ini adalah nomor standar International Telecommunication Union (ITU), yang digunakan di dunia internasional, yang bisa di akses dimana pun termasuk di luar negeri,”ungkapnya.

    Dirinya pun menyebutkan, Kota Tasikmalaya merupakan Kota yang Ke-132 dari 514 Kota yang sudah melaunching Call Center darurat 112 ini artinya, Kota Tasikmalaya bisa disejajarkan dengan Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung Medan, Surabaya yang juga sudah memiliki panggilan darurat 112.

    “Ini suatu kemajuan yang luar biasa bagi Kota Tasikmalaya yang sudah memiliki panggilan nomor tunggal darurat 112,tentu lebih mendekatkan pelayanan yang lebih cepat bagi masyarakat,”tandasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img