spot_img
Minggu 12 Mei 2024
spot_img
More

    Sasar Pemilih Muda, KPU Kota Tasikmalaya Optimis Angka Partisipasi Pemilih Pemilu Meningkat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus gencar mengajak seluruh lapisan masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam proses pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

    Seluruh lapisan masyarakat pun di sasar untuk diberikan pemahaman, wawasan dan pendidikan tentang pemilu, tak terkecuali kaum muda Kota Tasikmalaya jadi sasaran.

    BACA JUGA: Pj Walikota Tasikmalaya Tutup MTQ Ke-XIV, Kec.Purbaratu Raih Juara Umum

    Ratusan kaum muda Kota Tasikmalaya pun diberikan informasi dan wawasan luas tentang pemilu dalam kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih muda tahun 2024 yang digelar KPU Kota Tasikmalaya di Cordela Suits, jalan Yudanagara Kec.Cihideung Kota Tasikmalaya Sabtu (03/02/24).

    Kepala Divisi Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat Leisa Dera menjelaskan, kaum muda ini merupakan potensi yang memiliki peran penting dalam suksesnya Pemilu serentak 2024.

    “Kita memandang penting, bahwa mereka berkontribusi menentukan arah dan masa depan bangsa dengan ikut aktif menyalurkan dan menggunakan hak pilihnya pada pencoblosan 14 februari 2024 mendatang,”ungkap Leisa Dera Sabtu (03/02/24).

    BACA JUGA: Agus Nurdin Terus Bergerak Kampanyekan Ganjar-Mahfud di Dapil 3 Kota Tasikmalaya

    Ia menuturkan, di Kota Tasikmalaya angka pemilih muda dalam pemilu serentak tahun ini cukup tinggi, sehingga mereka ini perlu mendapatkan pemahaman, wawasan dan pendidikan tentang pemilu yang benar dan jelas.

    “KPU Kota Tasikmalaya terus melakukan sosialisasi kepemiluan, ke seluruh segmen pemilih, termasuk segmen pemilih muda agar mereka berpartisipasi aktif dalam pemilu sehingga angka partisipasi pemilih dalam pemilu di Kota Tasikmalaya 2024 meningkat,”ujarnya.

    Sementara Yeti Nurhayati, pemateri dalam sosialisasi tersebut mengatakan, keterlibatan pemilih kaum muda dalam pemilu sangat penting, karena menjadi penentu suksesnya pemilu mendatang.

    “KPU sebagai penyelenggara pemilu, berkewajiban memberikan pengetahuan tentang kepemiluan bagi seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali bagi kaum muda, agar memahami dan mengetahui apa itu pemilu dan seperti apa itu pemilu bagi masa depan bangsa,”ujarnya.

    Mantan Komisioner KPU ini pun menyebutkan, segmen pemilih muda ini merupakan aset pemilu yang sangat menentukan proses pelaksanaan pemilu agar menghasilkan pemimpin bangsa yang berkualitas.

    “Tentu segmen kaum muda ini juga bagian dari pemilih pemula, dan kalau dilihat dari DPT yang ditetapkan oleh KPU, pemilih pemula mencapai 52 persen, nah ini tentu potensi besar dalam menghasilkan pemilu yang berkualitas,”tandasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img