spot_img
Senin 1 Juli 2024
spot_img
More

    Pj Walikota Tasikmalaya Geram, Program Katasik Banyak Tidak Tumbuh

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Pj Walikota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar), Cheka Virgowansyah menyayangkan, sejumlah program Kawasan Wisata Tematik (Katasik) di setiap Kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya tidak berjalan sesuai harapan.

    Dari 10 titik Katasik yang sudah launching tahun 2023 lalu, banyak yang tidak berkembang dan stagnan. Bahkan progres perkembangannya pun sangat rendah, hanya 10 persen.

    “Ini progres kemajuannya sangat rendah. Padahal program Katasik sangat penting untuk kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkap Cheka Virgowansyah saat Rakor evaluasi program Katasik di Kec.Bungursari Kota Tasikmalaya Kamis (01/02/24) sore tadi.

    Ia menjelaskan, Kota Tasikmalaya tidak memiliki pantai, gunung dan alam terbuka untuk jadi tujuan wisata. Jadi dengan program Katasik ini bisa menjadi solusi untuk merangsang dan menarik orang datang ke Kota Tasikmalaya.

    “Saya minta seluruh Camat bersama dewan Katasik yang sudah terbentuk, bisa lebih fokus. Kemudian serius untuk mengembangkan program Katasik yang ada di wilayahnya, karena ini program bertujuan untuk menambah penghasilan masyarakat sekitar,” jelasnya.

    Program Katasik di Tasikmalaya Harus Digenjot

    Ia mengungkapkan, hasil evaluasi hari ini, dari 10 titik Katasik yang sudah launching tahun lalu. Baru 4 titik yang menunjukkan progres kemajuan yang cukup baik. Sisanya masih kurang menggembirakan, dan bahkan Katasik yang ada di Kec.Cihideung progresnya baru mencapai 10 persen saja.

    “Hari ini saya mengetahui, ternyata banyak titik-titik Katasik yang masih rendah progresnya. Ini perlu perhatian serius, seperti apa kendala di lapangan. Kemudian kita mencari solusinya agar Katasik ini bisa berkembang dengan baik,” paparnya.

    “Progresnya sejauh ini belum maksimal, beberapa sudah ada yang bagus, tapi juga ada yang masih kurang. Ini perlu ada perbaikan terutama Katasik yang ada di Cihideung, perlu bergerak cepat agar berkembang. Ini nanti saya cek kembali sejauh mana pihak kecamatan dan dewan Katasiknya dalam berkomitmen untuk memajukan program ini,” tegasnya.

    Lebih lanjut Ia menambahkan, enam titik Katasik yang saat ini belum menunjukkan kemajuan. Kedepannya harus digenjot lagi pembangunannya pasalnya, saat ini Pemkot akan terus menggelar rapat-rapat resmi di titik Katasik.

    “Saya harapkan, seluruh titik-titik Katasik di Tasikmalaya yang sudah ada, semuanya sudah bisa digunakan untuk menggelar rapat, meeting dan pertemuan resmi lainnya,”pungkasnya.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img