spot_img
Senin 1 Juli 2024
spot_img
More

    Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, KPU Kota Tasikmalaya Datangi Lapas Kelas IIB Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tasikmalaya antusias mengikuti pembekalan terkait pemilihan umum (Pemilu) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya provinsi Jawa Barat (Jabar) Kamis (01/02/24).

    Pembekalan sekaligus sosialisasi Pemilu 2024 berlangsung di ruang Aula Lapas Tasikmalaya, yang diikuti sebanyak 450 penghuni lapas yang mempunyai hak pilih pada pencoblosan 14 februari mendatang.

    Kepala Divisi Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat (Sosparmas) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya Leisa Dera mengatakan, pemahaman proses pemilu bagi warga binaan di lapas Tasikmalaya, sebagai upaya KPU untuk memastikan agar pelaksanaan pemilu di lapas ini berjalan lancar dan sesuai ketentuan.

    “Warga binaan di lapas harus mengetahui dan memahami proses kepemiluan. Agar mereka dalam proses pencoblosan 14 februari 2024 mendatang tidak menemui kendala dan lancar,”ungkap Leisa Dera Kamis (01/02/24).

    2 TPS Husus di Lapas Kelas IIB Tasikmalaya

    Ia menjelaskan, di lapas ini, ada dua tempat pemungutan suara (TPS) yakni TPS 901 dan 902, 

    “Di sini ada dua TPS khusus, juga pemilihnya khusus warga binaan di lapas yang sedang menjalani proses hukum. Petugas KPPS maupun PTPSnya pun merupakan orang yang ada di lapas, kita pastikan di Lapas ini proses pemilu berjalan lancar,” jelasnya.

    Dalam sosialisasi kepemiluan tersebut, KPU Kota Tasikmalaya memberikan penjelasan secara rinci. Mengenai jumlah pemilih, nama calon presiden dan wakil calon presiden, calon legislatif DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota. Termasuk jenis dan warna surat suara pemilu serentak 2024.

    “Kita inginkan, warga binaan yang ada di ini, pemahaman tentang pemilu 2024 dapat meningkat. Sehingga mereka pun antusias untuk menggunakan hak pilihnya pada pencoblosan 14 februari mendatang,”harapnya.

    Sementara Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Tasikmalaya Surya Dharma menjelaskan, selama ini warga binaan di sini secara rutin selalu diberikan pemahaman dan informasi tentang proses pemilu dan tata cara pelaksanaan pencoblosan.

    “Mereka harus ikuti berpartisipasi dalam proses pemilu serentak ini. Karena ini merupakan pesta demokrasi lima tahun sekali untuk menentukan pemimpin dan masa depan bangsa,”ungkapnya.

    Ia berterima kasih kepada KPU Kota Tasikmalaya. Yang telah memberikan pemahaman tentang proses kepemiluan 2024 bagi warga binaan di lapas Tasikmalaya.

    “Kita pastikan, bahwa semua warga binaan di sini, bisa melaksanakan dan menyalurkan hak-hak pilihnya di lapas Tasikmalaya. Di sini ada 2 TPS khusus,”tandasnya.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img