spot_img
Rabu 3 Juli 2024
spot_img
More

    Diguyur Hujan Deras Dan Angin Kencang, Kota Tasikmalaya Dihantui Bencana

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Akibat hujan deras yang disertai dengan angin kencang yang mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) Sabtu (27/01/24) sore tadi, mengakibatkan sejumlah bencana terjadi.

    Dampak hujan deras, sebuah Pohon Trembesi di Kawasan Komplek Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya, tepatnya di depan Lapangan Basket tumbang.

    Peristiwa pohon tumbang, menimbulkan terganggu arus lalu lintas di kawasan komplek Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya tersebut.

    Dengan sigap, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, datang ke lokasi. Kemudian melakukan evakuasi pohon dengan memotong-motong dahan pohon yang kemudian dibersihkan.

    Komandan Regu BPBD Kota Tasikmalaya Supriyadi mengatakan, kejadian pohon tumbang di kawasan Dadaha terjadi saat hujan turun dengan deras, kemudian angin kencang.

    “Dahan pohon trembesi berdiameter besar, langsung tumbang. Karena tidak kuat menahan terpaan hujan dan angin kencang,” ungkap Supriyadi di lokasi Sabtu (27/01/24).

    Ia menjelaskan, saat pohon tumbang, menimpa sebuah becak, kios termasuk mobil yang sedang melintas di lokasi.

    “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja pemilik becak luka ringan, dan termasuk becaknya juga mengalami kerusakan cukup parah,” jelasnya .

    “alhamdulilah, tidak sampai memakan korban jiwa, hanya saja peristiwa ini menimbulkan kerugian materi, karena satu unit becak rusak parah,”paparnya.

    Pemilik becak yang mengalami luka ringan, langsung mendapat pemeriksaan tim medis di lokasi. Namun tidak ada luka yang serius, akhirnya di antar pulang ke rumah.

    Selain pohon tumbang di komplek Olahraga Dadaha, Supriyadi juga mengungkapkan, terjadi banjir  RSUD dr.Seokardjo Kota Tasikmalaya.

    “Hari ini, RSUD dr. Seokadjo juga banjir, ketinggian air mencapai setinggi lutut orang dewasa. Ini terjadi di ruangan perawatan bayi, sehingga harus memindahkan sejumlah pasien anak ke ruangan lain yang lebih aman,” terang Supriyadi.

    Berdasarkan data dari BPBD Kota Tasikmalaya per hari ini, Sabtu (27/01/24). Terjadi 8 bencana yakni pohon tumbang di 3 lokasi, Rumah Ambruk, 1 lokasi. Kemudian terjadi bencana banjir, 4 lokasi, dengan jumlah jiwa terdampak 9 jiwa, dari 3 KK.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img