spot_img
Rabu 3 Juli 2024
spot_img
More

    Panwascam Indihiang Kota Tasikmalaya, Siapkan Strategi Awasi Logistik Pemilu

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Hari pencoblosan pemilu serentak 14 februari 2024 semakin dekat. sejumlah persiapan pun terus dilakukan penyelenggara pemilu agar pelaksanaan pencoblosan berjalan lancar sesuai harapan.

    Persiapan Pendistribusian logistik pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), menjadi agenda penting. Tentu juga perlu mendapat perhatian dan pengawasan serius agar berjalan aman dan lancar.

    Berkaitan dengan pendistribusian logistik Pemilu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan sejumlah rencana dan strategi untuk melaksanakan pengawasan.

    Agenda Pengawasan Distribusi Logistik Panwascam Indihiang

    Ketua Panwaslu Indihiang Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) Iwan Ridwan mengatakan, pengawasan distribusi logistik pemilu serentak, menjadi agenda penting pemilu, sehingga ini perlu persiapan dalam pelaksanaannya.

    “Setiap proses dan tahapan pemilu, sudah menjadi tugas dan fungsi kita untuk melakukan pengawasan. Termasuk agenda pendistribusian logistik pemilu 2024 ini, menjadi prioritas untuk dilakukan pengawasan,”ungkap Iwan Ridwan di Kantornya, Kamis (25/01/24)

    Iwan menjelaskan, logistik pemilu seperti kertas suara, surat suara maupun kotak suara dan lainnya, memerlukan pengawasan. Sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadi kerawanan.

    “Pendistribusian logistik Pemilu 2024, khususnya di Kota Tasikmalaya, rencananya akan dilakukan awal februari mendatang. Seiring dengan itu, kami terus intens melakukan koordinasi dengan PPK Kecamatan. Termasuk dengan pihak-pihak terkait lainnya agar logistik pemilu ini kondisinya baik dan terjaga,”ujarnya.

    Iwan menjelaskan, logistik pemilu ini merupakan jantungnya sebuah pemilu, sehingga benar-benar harus ada persiapan yang terkonsep. Kemudian ada penjagaan kualitas agar tidak terjadi kendala.

    “Kami instruksikan, seluruh jajaran Panwascam Indihiang, untuk menginventarisir TPS-TPS yang ada di wilayah Indihiang. Terutama tps outdoor guna mengantisipasi musim hujan. Kita khawatir logistik terkena hujan,” paparnya.

    Iwan menambahkan, saat ini tenaga pengawas pemilu mendapat tambahan SDM. Karena baru saja ada pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), yang siap membantu dalam pengawasan.

    “Kita inginkan dan pastikan, pendistribusian logistik pemilu yang terkirim harus tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran tepat waktu, tepat dalam kualitas, efesien dan sinkron dengan data,” terangnya.

    Iwan menambahkan, pada pemilu serentak 2024 ini, DPT di Kecamatan Indihiang sebanyak 43.307, dengan jumlah TPS 160, yang tersebar di 6 kelurahan yakni, kelurahan Sirnagalih, Sukamajukaler, Indihiang, Panyingkiran, Sukamajukidul dan Parakannyasag.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img