spot_img
Selasa 23 Juli 2024
spot_img
More

    Kombinasi Udang yang Tidak Aman: 5 Makanan yang Harus Diwaspadai

    FOKUSJabar.id: Kombinasi Udang yang Tidak Aman. Udang merupakan seafood yang populer dan banyak orang menyukainya.

    Tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena kandungan protein yang kaya. 

    Meski begitu, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita hindari saat menikmati hidangan udang. 

    Meskipun udang mengandung nutrisi penting dan memiliki berbagai manfaat kesehatan.

    Kombinasi dengan makanan tertentu dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, mulai dari reaksi alergi hingga masalah pencernaan.

    Menurut data dari FatSecret, kupasan satu porsi udang ukuran sedang menyediakan 7 kalori, 0,12 gram lemak, 0,06 gram karbohidrat, dan 1,38 gram protein. 

    Selain itu, kandungan merkuri pada udang juga tergolong rendah. Menjadikannya aman untuk konsumsi ibu hamil dan anak-anak, asalkan dalam batas yang wajar.

    Namun, perlu kita ingat bahwa beberapa kombinasi makanan dapat mengurangi manfaat positif dari udang dan bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

    Baca Juga: Rahasia Panjang Umur: Makanan Sehat Penunjang Hidup Lebih Lama

    Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya kita hindari bersamaan dengan udang:

    Susu: Olahan udang sering kali dengan saus krim atau dengan susu. Kalsium dalam susu dapat bereaksi dengan protein dalam udang, menyebabkan pembentukan dadih di perut dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan pencernaan dan sakit perut.

    Teh: Sebaiknya minum air putih daripada teh saat menikmati udang. Konsumsi udang bersamaan dengan teh dapat menyebabkan reaksi asam tanat, yang jika terulang dalam jangka waktu lama. Dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

    Makanan Kaya Zat Besi: Udang mengandung zat besi alami dalam jumlah sedang. Mengonsumsinya bersamaan dengan makanan kaya zat besi, seperti daging merah atau bayam, dapat meningkatkan penyerapan zat besi, yang dapat berbahaya bagi mereka yang tidak membutuhkan asupan zat besi tambahan.

    Labu Merah: Kombinasi labu merah yang dingin dan manis dengan udang yang hangat, manis, dan asin dapat menyebabkan penyakit disentri menurut pandangan pengobatan tradisional China.

    Ayam: Menggabungkan ayam dengan udang tidak dianjurkan karena kombinasi dua jenis makanan ini dapat memicu reaksi gatal di seluruh tubuh.

    Meskipun udang tetap menjadi makanan yang lezat dan bergizi, menjaga kombinasi makanannya penting untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal tanpa menimbulkan dampak negatif. 

    Semoga informasi ini membantu Anda menikmati hidangan udang dengan lebih bijak dan sehat.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img