spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Soal 4 Pilar Kebangsaan, Ini Kata Siti Mufattahah

    GARUT,FOKUSJabar.id: Anggota DPR/MPR RI dari Komisi XI Siti Mufattahah tak hentinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    Ia bersama ratusan masyarakat menggelar pemahaman terkait pilar wawasan kebangsaan di Gedung Olahraga Cikajang Kabupaten Garut.

    BACA JUGA: Jelang Pemilu 2024, Pj Wali Kota Bandung Tegaskan ASN Tidak Netral Siap Siap Kena Sanksi

    “Pemahaman dan pengetahuan tentang empat pilar kebangsaan mulai dari dasar Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika wajib ditanamkan dalam diri pribadi setiap warga negara. Hal itu untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air,” ungkap Siti Mufattahah, Senin (22/1/2024).

    Ia menjelaskan, empat pilar ini merupakan pondasi utama yang penting dipahami dan dimengerti dengan benar oleh setiap warga negara Indonesia karena sebagai ujung tombak dalam mempersatukan bangsa.

    “Nilai-nilai kebangsaan dalam sendi kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi landasan dasar dalam mewujudkan kehidupan yang sejahtera, damai, aman dan bermartabat,” jelasnya.

    BACA JUGA: Pantai Madasari Resmi Dikelola Pemda Pangandaran

    Legislator Partai Demokrat ini menambahkan, empat pilar kebangsaan memberikan pembelajaran guna meningkatkan kesadaran tentang kehidupan berbangsa dan bertanah air.

    “Hidup berdampingan, gotong royong, kerukunan dan rasa toleransi bentuk implementasi dan penerapan nilai-nilai empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

    Ia menambahkan, menggelorakan rasa kebangsaan, semangat kebangsaan dan pemahaman kebangsaan akan membentuk tekad, semangat dan tindakan dalam menegakkan dan melestarikan NKRI.

    “Dalam Pancasila, mengandung ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia sekaligus menjadi sumber dari segala sumber dalam penyusunan segala penyusunan hukum yang harus selaras dan tunduk dengan nilai-nilai Pancasila,” tuturnya.

    “Pembekalan empat pilar kebangsaan ini untuk membekali masyarakat tentang pentingnya pengetahuan dasar negara dan ideologi bangsa karena bangsa Indonesia terbentuk yang kuat, maju dan sejahtera, karena dilandasi pilar-pilar kebangsaan yang kokoh,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img