spot_img
Sabtu 6 Juli 2024
spot_img
More

    Menteri Perhubungan RI Sidak Stasiun KA di Kota Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Kota Tasikmalaya, Sabtu (30/12/2023).

    Budi Karya Sumadi sidak ke Stasiun Kereta Api (KA) Tasikmalaya dan Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya. Termasuk ke Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

    Budi Karya Sumadi didampingi sejumlah pejabat. Mulai dari Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, Kapolres Tasikmalaya Kota, Dandim 0612/Tasikmalaya, Danlanud Wiriadinata, Komandan Brigif 13 Reider Galuh, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya serta pejabat lainnya.

    “Hari ini kami berkunjung ke Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Kami ingin melihat langsung moda transportasi KA juga Armada Bus yang ada di Terminal Indihiang,” ungkap Budi Karya Sumadi.

    Selain itu, Menteri juga melihat Bandara Wiriadinata Tasikmalaya. Dia menyebut, hingga saat ini kondisi Bandara relatif tidak ada perubahan.

    BACA JUGA:

    Dari Bandung ke Pangandaran Bisa Terbang Pakai Susi Air

    “Pemda dan  swasta harus saling bersinergi untuk meningkatkan okupansi sebanyak 70 persen. Dan ke depannya kita usahakan ada 2 penerbangan di sini,” jelasnya.

    Ia juga menuturkan, di stasiun kereta api Tasikmalaya cukup baik dan potensi luar biasa.

    “Stasiun ini cantik, memiliki potensi penumpang yang cukup padat, setiap harinya,” paparnya.

    Dirinya pun akan merealisasikan permintaan dan keinginan Pj Wali Kota Tasikmalaya agar dibuka jalur keberangkatan KA Eksekutif Tasikmalaya – Jakarta.

    “Ini nanti kalau ada jalur KA Eksekutif Tasikmalaya – Jakarta, saya bisa bolak Tasik Jakarta nih,” selorohnya.

    BACA JUGA:

    Selama Tahun 2023 Tidak Ada Personel Polres Ciamis Dipecat

    Selanjutnya, Menhub mendatangi Terminal Type A Indihiang. Di sana mengecek Bus.

    “Ini terminalnya sangat besar dan bagus. Ini terminal harus dimanfaatkan dengan baik. Saya minta seluruh pengusaha PO yang ada harus masuk ke terminal ini. Jika ada yang membandel, Dirjen akan memberikan surat peringatan keras,” terangnya.

    Menteri menambahkan, angkutan Bus ini wajib di ramp chek sebelum beroperasi, guna memastikan laik jalan.

    “Mungkin banyak penumpang yang akan menggunakan Bus untuk libur Natal dan Tahun baru. Sehingga Bus harus dicek lampunya, alat kemudi, spion, klakson, wiper, sabuk keselamatan, ban cadangan dongkrak serta komponen lainnya. Termasuk cek kesehatan harus dilakukan, ini demi keselamatan dan keamanan penumpang,” imbuhnya.

    Budi Karya Sumadi mengaku, semua transportasi di Kota Tasikmalaya dalam kondisi baik dan tidak ada kendala.

    “Tentu apa yang kita lakukan ini untuk transportasi yang lebih baik dan nyaman. Semoga bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Kota Tasikmalaya,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img