spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    Ustadz Aep Saepudin: 6 Hak Muslim Terhadap Muslim

    GARUT,FOKUSJabar.id: Ketua MPC Forum Silaturrahmi Ta’mir Masjid dan Mushalla (Fahmi Tamami) Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar), Ustadz Aep Saepudin memberikan tausiyah dalam acara penajian rutin bulanan di Masjid Jami Ibnu Sina, Kampung Cilimus Desa Nanjung Jaya Kecamatan Kersamanah, Minggu (3/12/2023).

    Dalam ceramahnya, Aep Saepudin menjelaskan tentang 6 hak muslim terhadap muslim yang lainnya.

    BACA JUGA:

    Baznas Garut Salurkan Donasi Rp65 Juta untuk Rakyat Palestina

    1. Menyebarkan Salam

    Ketika bertemu dengan teman, sahabat, saudara dan keluarga di manapun berada, kita wajib bertegur sapa dengan mengucapkan  Assalamu’alaikum dan dijawab dengan Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.

    2. Memenuhi Undangan

    Jika mendapatkan undangan. Baik itu undangan hajat, rapat, musyawarah termasuk undangan pengajian wajib memenuhinya.

    3. Menjenguk Saudara, Teman, Sahabat dan Keluarga yang Sakit

    Jenguklah mereka dengan memberikan sesuatu sebagai bentuk membahagiakan orang yang sakit serta meringankan beban biaya pengobatannya.

    4. Saling Mendoakan

    Wabil khusus mari kita berdoa semoga saudara kita yang ada di negara Palestina diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi musibah dan dampak akibat dari perang melawan Zionis Israel.

    “Semoga para Mujahid Hamas dan Hizbullah diberikan kekuatan untuk bisa melawan tentara Zionis Israel. Sebagaimana Allah SWT telah memberikan pertolongan kepada kaum muslimin, ketika raja Abrahah dan bala tentara gajah yang ingin menghancurkan Ka’bah, kemudian mendapatkan pertolongan-Nya dengan menurunkan burung Ababil. Burung itu melempari dengan bebatuan hitam hingga menghancurkan mereka,” ungkapnya.

    BACA JUGA:

    Satpol PP dan Polres Garut Amankan 8.400 Miras

    5. Saling Menasihati dalam Hak dan Kesabaran

    Anggota Korp Mubaligh Muhammadiyah Garut ini mengajak agar umat Islam bisa menyukseskan Pemilu, Rabu (14/2/2024) dengan datang ke TPS untuk memilih Capres-Cawapres, Caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Garut.

    Pilihlah calon pemimpin yang memenuhi syarat dan kriteria sesuai yang dimiliki Nabi Muhammad SAW serta berkomitmen untuk memperjuangkan aspirasi umat Islam.

    • Sidiq (selalu berkata benar, membela yang benar dan memperjuangkan kebenaran, maju tak gentar membela yang benar).
    • Amanah (dapat dipercaya sehingga selalu berpihak kepada kepentingan rakyat. Bukan kepada kepentingan pribadi, keluarga, kelompok, golongan dan partai tertentu).
    • Pathonah (cerdas sehingga bisa membedakan mana yang benar dan yang salah. Selalu menaati aturan dan senantiasa menjunjung tinggi hukum).
    • Tabligh (menyampaikan risalah ajaran Islam sesuai dengan yang dicontohkan Nabi. Menyampaikan hak/bantuan untuk rakyat kepada yang berhak menerimanya).

    6. Mengurus Jenazah

    Mandikan, kafani, shalatkan dan menguburkan jenazah serta selalu mendoakannya agar almarhum diterima Iman Islamnya, diampuni segala dosanya, dilapangkan dan diterangkan alam kuburnya serta ditempatkan pada tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

    Sebagai informasi, ustadz Aep Saepudin merupakan tenaga pendidik (guru) Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 3 Garut.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img