spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Disparbud Jabar minta Pemerintah Daerah Mencari Wisata yang Bisa Dijual

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Benny Bachtiar meminta pemerintah daerah proaktif dalam mengembangkan objek wisata. 

    Benny menuturkan, pihaknya  berupaya melakukan sinkronisasi kebijakan dan program pengembangan destinasi pariwisata antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

    “Saya mengajak bapak dan ibu yang menjadi kepala bidang destinasi pariwisata untuk berlomba-lomba mencari destinasi wisata yang layak dijual. Ada tiga kriteria destinasi wisata menurut Markplus, yaitu adventure tourism, comfortable tourism, dan vibrant tourism. Tolong ajak masyarakat sekitarnya untuk berpartisipasi di sana,” ucap Benny saat menghadiri Rapat Koordinasi Bidang Destinasi Pariwisata Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Swiss-Belresort Dago Heritage, Bandung, 21-22 November 2023.

    BACA JUGA: Lima Wisata yang Mudah Diakses dari Stasiun Kereta Cepat Whoosh

    Benny menyarankan, pemerintah daerah banyak koordinasi dan kolaborasi dengan asosiasi. Selain itu pemerintah daerah harus melihat potensi yang ada di sekitar daearh. 

    “Ingat, dalam membangun destinasi wisata yang terpenting harus bagus menurut para wisatawan,” katanya.

    Ia juga meminta kabupaten/kota agar mempersiapkan diri untuk menyambut wisatawan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Tak hanya itu, pergerakan wisatawan diperkirakan juga meningkat seiring aktivasi Bandara Nusawiru, Tol Cisumdawu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, serta rencana pembangunan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya).

    Terkait hal itu, kabupaten/kota diarahkan agar tidak hanya menyiapkan quantity tourism saja, tapi dibarengi dengan quality tourism. Hal tersebut ditujukan agar wisatawan bisa lebih lama menghabiskan waktunya berlibur di Jawa Barat dan turut melibatkan masyarakat lokal.

    Benny juga menyinggung peran sumber daya manusia dalam memajukan sektor pariwisata. Menurutnya, SDM yang berkualitas akan berperan penting terhadap perekonomian suatu wilayah.

    BACA JUGA: Disparbud Jabar Sebut Kegagalan Konser Greenlane Festival Mecoreng Dunia Pariwisata

    “PR besar lainnya adalah sumber daya manusia. Sebagus-bagusnya kita membangun, kalau SDM-nya tidak mampu memelihara, maka tidak akan jadi apa-apa. Oleh sebab itu saya mengajak bapak ibu sekalian untuk fokus pada peningkatan kualitas SDM pariwisata.

    Ketika masyarakatnya sadar, saya berani jamin ekonomi di kabupaten/kota akan meningkat,” kata dia.

    Berita Terbaru

    spot_img