spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Pentingnya Berdiri Saat Mengisi Bensin Motor

    FOKUSJabar.id: Pentingnya Berdiri Saat Mengisi Bensin Motor. Tren desain sepeda motor modern semakin beragam. Salah satu perubahan yang mencolok adalah penempatan tangki bahan bakar yang kini seringkali berada di depan atau tidak lagi berada di bawah jok. 

    Meskipun memudahkan proses pengisian bahan bakar, kebiasaan beberapa pemilik motor untuk tidak turun dari kendaraannya. Saat mengisi bensin memunculkan pertanyaan: apakah hal ini aman?

    Sebenarnya, mengisi bensin sambil tetap duduk di atas motor tidak secara langsung menimbulkan masalah. 

    Ini karena rancangan tangki motor umumnya dengan sekat-sekat yang memastikan distribusi bahan bakar yang seimbang antara bagian kiri dan kanan tangki.

    Namun, sejumlah risiko muncul terkait dengan kebiasaan ini.

    Hal ini terjadi karena sistem kelistrikan mesin terus aktif selama mesin masih menyala. Sementara kelistrikan di sekitar tangki juga aktif saat bahan bakar diisi.

    Dan beberapa produsen sepeda motor merekomendasikan turun dari kendaraan saat mengisi bahan bakar. 

    Mengutip dari Liputan6.com, salah satu risiko utama yang harus diwaspadai adalah kemungkinan percikan api yang dapat terjadi pada tangki motor.

    Menurut laman resmi Wahana Honda, percikan api dapat muncul jika kunci kontak tetap dalam posisi ON atau mesin masih menyala saat pengisian bensin. 

    Hal ini terjadi karena sistem kelistrikan mesin terus aktif selama mesin masih menyala, sementara kelistrikan di sekitar tangki juga aktif saat mengisi bahan bakar.

    Percikan api yang muncul akibat interaksi listrik ini dapat menjadi resiko kebakaran yang serius. 

    Oleh karena itu, meskipun sebagian besar motor saat ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik, tetap dianjurkan untuk mematikan mesin dan kunci kontak saat mengisi bensin.

    Selain percikan api, risiko kebakaran juga dapat berasal dari bahan bakar yang meluber dan terkena mesin yang sedang panas. 

    Baca Juga: Tips Merawat Motor Agar Tetap Kinclong dan Terawat

    Terutama setelah perjalanan jauh, mesin dapat mencapai suhu tinggi, meningkatkan risiko kebakaran jika bahan bakar tumpah atau terkena bagian yang sangat panas.

    Penting untuk diingat bahwa turun dari motor dan berdiri saat mengisi bensin bukan hanya sekedar rekomendasi produsen. 

    Tindakan ini juga dapat meningkatkan responsivitas pengendara terhadap situasi sekitar. Memberikan kesiapan yang lebih baik dalam menghadapi kondisi darurat, seperti percikan api yang memicu kebakaran.

    Sebagai langkah preventif, menyarankan bagi pengendara motor untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dengan turun dari motor saat mengisi bensin. 

    Meskipun mungkin tampak sebagai tindakan sederhana, hal ini dapat membuat perbedaan besar dalam menjaga keamanan Anda di perjalanan.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img