spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Deklarasi Jabar Anteng Siap Hadirkan Pemilu 2024 Berkualitas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengajak masyarakat untuk menjaga dan menciptakan situasi kondusif dalam menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 di Jawa Barat khususnya Kota Bandung.

    Oleh karena itu, kolaborasi dan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan Pemilu aman, damai, tentram dan berkualitas.

    BACA JUGA:

    ASN Pemprov Jabar Berkominten Netral dalam Pemilu dan Pilkada 2024

    “Damai itu keniscayaan. Tadi dengan slogan Jabar Anteng, aman, netral, tenang ini harapan semua,”kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna seusai menghadiri Deklarasi Damai Jawa Barat Aman, Netral, Tenang (Jabar Anteng) di Gedung Merdeka Kota Bandung Jabar Sabtu (18/11/2023).

    Menurutnya, perbedaan pilihan merupakan sebuah hal yang wajar dalam pesta demokrasi. Namun ia berharap, pada pelaksanaannya harus berjalan secara aman, nyaman dan tentram.

    “Pemilu boleh berbeda pilihan, keberagaman itu anugerah termasuk perbedaan pilihan. Ujung-ujungnya akan tetap bersatu padu. Untuk itu dalam pelaksanaannya harus berjalan aman, nyaman dan tentram,”ucapnya.

    Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, sebagai Provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia, Jawa Barat mesti mewujudkan pemilu yang dapat berjalan aman dan damai.

    BACA JUGA:

    Bapenda Jabar Manfaatkan Event Otomotif Internasional untuk Realisasikan Pendapatan

    “Kita hadir untuk mendeklarasikan Jabar Anteng, deklarasi ini merupakan komitmen semua unsur Pemda, ASN, TNI, Polri di Jawa Barat, juga komitmen tokoh besar Jawa Barat yang representasi kan masyarakat Jabar. Kita ingin proses pemilu berjalan aman dan damai sehingga menghasilkan Pemilu yang berkualitas,”kata Bey.

    Bey menyebut, netralitas menjadi unsur penting, terutama bagi penyelenggara negara seperti ASN, TNI dan Polri. Ia pun menjamin seluruh penyelenggara negara di Jawa Barat akan bersikap netral.

    “Kami menjamin ASN, TNI dan Polri di Jawa Barat bersikap netral. Semoga ini menjadi sejarah, komitmen kita bersama menjaga keutuhan dan kebersamaan bangsa,” katanya.

    Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama dengan Forkopimda Jabar, Pemerintah Kota/Kabupaten se-Jawa Barat, Para Kepala OPD di Provinsi Jawa Barat, Para Sekretaris Daerah dan Kepala Kesbangpol se-Jawa Barat, ASN bersama masyarakat mendeklarasikan gerakan Jabar Anteng untuk memperkuat komitmen dalam bersama-sama mewujudkan Pemilu dan Pilkada 2024 yang damai.

    Terdapat tiga poin penting dalam deklarasi Jabar Anteng, yang pertama, pemerintah dan masyarakat Jabar mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia (Luber) serta jujur, dan adil (Jurdil).

    Kedua, pemerintah dan masyarakat Jabar menghendaki Pemilu berlangsung dalam suasana aman, netral, tenang, dan tidak terpengaruh hoaks.

    Serta ketiga, menyerukan kepada segenap ASN, TNI, Polri di Jabar untuk bersikap netral dan tidak berpihak.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img