spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Ciamis, KSAD Jenderal Agus Subiyanto Tegaskan Netralitas TNI

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Gedung Islamic Center, Ciamis Jawa Barat (Jabar) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto tegaskan Netralitas TNI.

    Turut hadir dalam deklarasi itu Pj Gubernur Jabar, Ketua DPRD Jabar, Pangdam III Siliwangi, Kapolda Jabar. Kemudian Ketua KPU Jabar, Ketua Bawaslu Jabar serta 25 satuan Angkatan Darat se Jabar yang mengikuti secara virtual.

    “Terimakasih dan apresiasi tinggi atas deklarasi pemilu damai, keakraban dalam kebersamaan ini mewarnai komitmen bersama. Sebagai anak bangsa,” kata dia saat memberikan sambutan deklarasi pemilu damai 2024, Senin (6/11/2023).

    KSAD Agus menegaskan bahwa menjelang pemilihan umum tahun 2024 TNI siap menjaga netralitas. Seperti dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI tidak boleh berpolitik dan UU No 7 tahun 2017 tentang pemilu.

    “Apabila TNI ikut berpolitik itu harus keluar dari institusi TNI. Kemudian apabila kedapatan melanggar akan ada tindakan disiplin dari komandan satuannya,” tegasnya.

    Menurutnya, perbedaan pilihan itu sudah menjadi hal biasa. Tetapi jangan sampai perbedaan tersebut menjadi sebuah duri yang bisa memecah belah masyarakat.

    Melalui deklarasi itu harapannya seluruh masyarakat di Jabar bisa melaksanakan pemilu 2024 dengan damai. Kemudian berjalan dengan sejuk walaupun berbeda pilihan tapi harus tetap satu NKRI.

    “Sama-sama kita meminimalisir perpecahan di masyarakat. Tidak menggunakan sara sebagai alat pemilu 2024 serta tokoh masyarakat, agama harus ikut andil dalam menciptkana kondisi yang sejuk,” ucapnya.

    Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Ciamis

    Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi dan berterimakasih atas kedatangan KSAD di Ciamis dalam rangka Deklarasi Pemilu Damai 2024.

    Herdiat memaparkan, kondisi Ciamis cukup aman kondusif dan terkendali menjelang pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024. Ketua parpol dan seluruh masyarakat Ciamis siap melaksanakan pemilu Damai.

    “Dua hari yang lalu para pimpinan parpol tokoh agama, masyarakat sudah melaksanakan kirab pemilu. Alhamdulillah para peserta pemilu sudah siap melaksanakan pemilu dengan aman damai dan kondusif,” kata dia.

    Kemudian dengan dilaksanakannya deklarasi pemilu damai di Ciamis Bupati berharap bisa mendongkrak partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pemilihan umum.

    “Target pemilu 2024 yakni 85 persen partisipasi masyarakat dari daftar pemilih tetap. Harus lebih meningkat dari sebelumnya yakni partisipasinya mencapai 82 persen,” pungkasnya dalam moment Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Gedung Islamic Center.

    (Fauza/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img