spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Desain Grafis dan Digital Marketing Jadi Materi Dalam Pelatihan Kerja TIK Disnaker Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ciamis membuka pelatihan kerja kompetensi tekhnologi dan informasi (TIK) di Aula UPTD Disnaker Ciamis, Rabu (25/10/2023).

    Pelatihan itu digelar selama 12 hari dengan melibatkan 20 peserta yang sebelumnya telah melakukan tes dan verifikasi melalui website Disnaker.

    BACA JUGA: Kejar Prestasi Siswa SMAN 1 Kawali Bakal Rekrut Pelatih Profesional

    Kepala Disnaker Ciamis Okta Jabbal mengatakan, dalam tahap tes dan verifikasi itu terdaftar sebanyak 80 peserta namun karena melalui uji seleksi jumlah peserta menjadi 20 orang.

    “Seleksi melalui website disnaker ciamis kurang lebih 80 orang yang mengikuti kalian semua 20 orang beruntung bisa mengikuti kegiatan ini. Ini gratis dibiayai oleh APBD ciamis,” ucapnya.

    Okta menjelaskan, karena erat kaitannya dengan dunia digital terdapat dua materi yang diujikan dalam kegiatan pelatihan TIK itu yakni desain grafis dan digital marketing.

    BACA JUGA: Berusia 2 Pekan, TPT di Desa Padaringan Ciamis Sudah Rusak

    Menurutnya, para peserta pelatihan adalah calon penerus pengisi pembangunan di Ciamis. Oleh karena itu dia berharap para peserta sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan tersebut.

    “Keahlian keterampilan peserta oleh lembaga CTI ini akan menjadi sumber daya yang andal punya bekal kalau masuk dunia kerja. Minimal ada dua slot pertama bisa berkarir di perusahaan atau bisa berkarir mandiri berwirausaha,” jelasnya.

    “Jangan sampai bolos manfaatkan program ini apalagi dalam situasi dunia investasi yang belum sesuai dengan harapan,” pungkasnya, menambahkan.

    Sebagai informasi, kegiatan pelatihan kerja itu tidak dipungut biaya alias gratis dan masuk dalam APBD Ciamis Tahun 2022-2023 tentang kegiatan pendidikan keterampilan pencari kerja.

    Tujuan digelarnya kegiatan itu yakni untuk meningkatkan kualitas keterampilan masyarakat dan bisa memotivasi untuk menjadi pengusaha mandiri dengan memunculkan usaha baru yang bisa mengurangi angka pengangguran di Ciamis.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img