spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Harga Beras Naik, Sekda Kota Bandung: Inflasi Terkendali

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Soal masalah inflasi baru-baru ini menjadi perhatian publik. Pasalnya, setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mencopot Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan yang dinilai tak mampu mengatasi permasalah tersebut di Kota Cimahi Jawa Barat.

    Namun, isu kenaikan inflasi di Kota Bandung tak begitu santer terdengar. Meskipun harga beras masih berada di angka yang cukup tinggi.

    BACA JUGA:

    Soal Sumbangan Pembangunan, Ini Kata Komite SMPN 1 Banjarsari Ciamis

    Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna memastikan bahwa di wilayahnya terkendali. Tak ada kenaikan yang cukup berarti.

    Ema menyebut, berdasarkan data resmi dari Badan Pusat Statistik, inflasi month to month (MtM) Kota Bandung pada September 2023 hanya terjadi sebesar 0,11 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,45.

    “Year on year (YoY) kita bagus, year to day kita juga bagus, bahkan deflasi. Month to month juga deflasi. Kalau angka inflasi Kota Bandung itu angka angkanya di bawah Jawa Barat (0,11 persen). Sedangkan inflasi MtM nasional sebesar 0,19 persen. Angkanya sangat terkendali di Bandung,” kata Ema di SOR Lodaya Kota Bandung, Selasa (10/10/2023).

    Menurutnya, upaya Pemkot Bandung dirasa cukup berhasil menekan angka inflasi. Di antaranya gelaran operasi pasar murah. Baik itu menjawab permasalahan harga beras maupun bahan pokok masyarakat.

    BACA JUGA:

    Leuwi Kanjeng Dalem Permata Tersembunyi Garut Selatan

    Melalui upaya tersebut, pihaknya pun optimis inflasi Kota Bandung bisa terus terkendali dan harga kebutuhan pokok di Kota Bandung relatif stabil.

    “Operasi Pasar dan Pasar Murah itu rutin kita adakan untuk menjaga kestabilan harga. Ini diberlakukan di seluruh wilayah kecamatan Kota Bandung,” ucapnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img