spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Kereta Cepat Whoosh Beroperasi, Pemkot Bandung Siapakan Fasilitas Pendukung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id:Pemerintah Kota Bandung tengah menyiapkan sejumlah sarana pendukung dengan diresmikannya, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh. Hal itu agar masyarakat bisa lebih mudah mengakses transportasi paling canggih di Asia Tenggara tersebut.

    Salah satunya menyediakan fasilitas pendukung menuju dan dari Stasiun Tegalluar yang berada di Kabupaten Bandung.

    BACA JUGA: Sekda Kota Bandung Ingin Semua Perangkat Daerah Hadirkan Zero Waste Office

    “Kita menyikapi bahwa kereta api cepat itu sudah diresmikan oleh bapak Presiden. Dan dari Tegalluar itu kita ketahui aksesnya ke Kota Bandung,” kata Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna Rabu (4/10/2023).

    Ema menyebut, ada permintaan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat untuk membuat halte bus yang masih dalam kawasan tersebut. Halte untuk bus menuju ke Stasiun Cimekar yang berada di Kota Bandung.

    “Tadi kita melihat titik di mana yang seharusnya jika membuatkan halte ini. Tetapi kita masih berkoordinasi dengan Dishub Jabar,”ucapnya.

    Ema memastikan, Pemkot Bandung mendukung adanya fasilitas halte tersebut.

    BACA JUGA: Bey Machmudin Sebut KIJB Ciptakan Ekosistem Inovasi

    “Nanti saya lapor ke Pak Wali Kota, mungkin nanti ada pergeseran (anggaran) dari Dinas Perhubungan. Apalagi jika ini memang menjadi super prioritas,”katanya.

    Tak hanya halte, Pemkot Bandung juga tengah membahas pembukaan akses tol KM 151.

    “Di Kota Bandung itu saya pernah mendengar ada permintaan untuk membuka akses tol KM 151. Ternyata sekarang belum berprogres lagi, tapi kita sudah antisipasi. Itu karena kita sudah mengikuti rapat awal dan pasti melintas masuk di wilayah Kota Bandung,” ungkapnya.

    Lebih lanjut Ema mengatakan, untuk membangun akses itu menggunakan lahan milik Pemkot Bandung. Pasalnya, lintasan jalan tersebut masih berada di wilayah Kota Bandung.

    “Untuk kepentingan yang lebih luas dan program strategi nasional, Pak Wali Kota mendukung program tersebut,”ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img