spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Dinkes Ciamis Ingatkan Warga Untuk Chek Kesehatan Berkala

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis melalui Bidang Kesehatan Masyarakat mengingatkan warga untuk melakukan chek kesehatan secara berkala. Lebih lanjut demi kualitas hidup yang baik dan produktif dalam menjalankan aktivitas keseharaian, perlunya kesadaran penuh dari setiap individu untuk menjaga dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

    Kepala Bidang Kesehatan dr. Eni Rochaeni menyampaikan, pemeriksaan kesehatan berkala bisa dilakukan di Puskesmas terdekat secara gratis. Kemudian melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) serentak pemeriksaan kesehatan terus berlangsung di setiap Kecamatan bahkan setiap Desa bekerjasama dengan kader posyandu dan pemerintah Desa setempat.

    Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat 7 langkah germas menjadi aktivitas masif di Kabupaten Ciamis.

    Mulai dari, melakukan Aktivitas Fisik, Budaya Konsumsi Buah dan Sayur. Kemudian pola hidup sehat dengan tidak merokok, tidak minum alkohol, kesadaran untuk memeriksakan kesehatan secara berkala. Lebih lanjut aspek lingkungan dengan menjaga kebersihan dan menggunakan jamban untuk membuang kotoran.

    “Alhamdulillah semua komponen Germas terus kita jalankan. Aktivitas fisik seperti olahraga mulai menjadi kesadaran dan kegiatan rutin masyarakat,” ucap Eni, Rabu (4/10/2023).

    Beberapa waktu lalu Wakil Bupati Ciamis Yana D putra telah menjelaskan terkait prevalasi stunting di Kabupaten Ciamis pada tahun 2022 meningkat di 18,6 persen. Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) yang mana pada tahun sebelumnya ada di angka 16 persen.

    Meski demikian angka Stunting Ciamis masih ada dibawah angka prevalasi stunting nasional 21,6 persen, dan Provinsi 20,2 persen.

    Dinkes Ciamis Ingatkan Warga Chek Kesehatan Berkala Demi Mencitpakan Generasi Berkualitas

    Dengan kondisi tersebut dr Eni mengungkapkan, menjalankan pola hidup sehat sangat penting bukan hanya untuk diri sendiri. Tetapi untuk keberlangsungan generasi yang memiliki Sumber Daya yang berkuaitas. Dari mulai fisik hingga kapasitas kecerdasan yang tinggi dengan pola hidup sehat mulai hari ini.

    Beberapa jenis chek kesehatan yang harus menjadi perhatia dan kesadaran masyarakat meliputi:

    • Memeriksa kesehatan meliputi berat dan tinggi badan
    • Memeriksa lingkar perut
    • Memeriksa tekanan darah
    • Memeriksa kadar gula darah berkala
    • Memeriksa fungsi mata dan telinga
    • Memeriksa Kolesterol tetap
    • Memeriksa arus puncak ekspirasi
    • Memeriksa dan deteksi dini kangker leher rahim
    • Memeriksa payudara sendiri

    Mengenai ajakan untuk tidak merokok, di Kabupaten Ciamis sendiri sudah tertuang dalam perda no 4 tahun 2021. Kemudian sejumlah wilayah di Ciamis juga telah melakukan deklarasi bersama bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

    dr Eni menegaskan, kesadaran untuk memeriksakan diri sangat penting untuk menentukan tindaklanjut penanganan kasus kesehatan secara objektif. Walaupun minial satu atau dua kali dalam se-tahun. Selanjutnya, saat ini peran Posyandu juga sangat membantu terutama terhadap mengawasan terhadap perempuan usia produktif.

    “Untuk menjaga kualitas kesehatan perempuan, kita sudah melakukan sosialisasi secara masif. Pendekatan mulai dari usia sekolah dengan program mengonsumsi vitamin setiap hari untuk membentuk kesehatan fisik sejak dini,” katanya.

    Demi mewujudkan hal tersebut tentu harus melibatkan semua sektor dari Pemerintah, swasta terlebih kesadaran dari masyarakat Ciamis. Dinkes Ciamis terus mengingatkan masyarakat melakukan chek kesehatan berkala, demi generasi penerus bangsa.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img