spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    9 Hewan Tangguh Dalam Kondisi Kemarau dan Sulit Air

    FOKUSJabar.id: Beberapa hewan memiliki adaptasi dan kebijakan bertahan yang memungkinkan mereka bertahan hidup di lingkungan yang kering selama kondisi kemarau. Mereka merupakan hewan tangguh yang memiliki berbagai cara untuk mengatasi kekurangan air dan sumber pakan selama periode kekeringan ataupun musim kemarau. Berikut adalah beberapa contoh hewan yang bertahan pada musim kemarau:

    Kanguru:
    Kanguru memiliki kemampuan menghasilkan air dari makanan yang mereka konsumsi, bahkan dari tanaman yang mengandung sedikit air. Mereka juga bisa bergerak jauh mencari sumber air.

    Kangaroo Tikus:
    Kangaroo tikus (jerboa) adalah hewan pengerat kecil yang ditemukan di gurun dan padang rumput. Mereka mendapatkan sebagian besar kelembaban dari makanan dan jarang minum air.

    Burung Emu:
    Burung Emu adalah burung besar yang terlihat keberadaannya di Australia. Mereka memiliki kemampuan bertahan hidup dengan minum air dalam jumlah yang sangat sedikit dan dapat mencari makanan di habitat yang gersang.

    Kadal Padang Pasir:
    Kadal padang pasir memiliki kulit yang dapat menyimpan air dan mengurangi penguapannya. Beberapa spesies kadal padang pasir juga bisa mendapatkan air dari makanan mereka.

    Hewan Tangguh Dalam Kondisi Kemarau, Mampu Bertahan Hidup di Gurun

    Kangkang Gurun:
    Kangkang gurun adalah hewan kecil yang ditemukan di padang pasir. Mereka memiliki kemampuan untuk mendapatkan sebagian besar air yang mereka butuhkan dari makanan yang mereka makan, seperti tumbuhan dan serangga.

    Burung Hantu Gurun:
    Burung hantu gurun juga merupakan hewan tangguh pada musim kemarau atau kekeringan. Yang mana memiliki kemampuan memperoleh kelembaban dari makanan mereka dan tidak bergantung pada minum air secara teratur.

    Tikus Padang Pasir:
    Tikus padang pasir, juga terkenal sebagai kanguru tikus gurun, adalah hewan kecil yang dapat bertahan hidup dengan sedikit air. Mereka mendapatkan kelembaban dari makanan mereka dan memiliki kemampuan mengkonservasi air dengan baik.

    Fennec Fox:
    Fennec fox adalah jenis rubah kecil yang hidup di padang pasir Afrika Utara. Mereka dapat bertahan hidup dengan minum air dalam jumlah yang sangat sedikit dan mendapatkan sebagian besar kelembaban dari makanan.

    Ular Gurun:
    Beberapa spesies ular gurun memiliki kemampuan untuk bertahan hidup tanpa minum air selama beberapa bulan, mendapatkan cairan dari makanan yang mereka konsumsi.

    Penting untuk dicatat bahwa kemampuan hewan yang tangguh untuk bertahan hidup pada musim kemarau sangat tergantung pada kondisi lingkungan dan ketersediaan sumber daya. Beberapa hewan juga memiliki adaptasi khusus yang memungkinkan mereka bertahan hidup dalam kondisi yang sangat kering.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img